Lensa Tele iPhone 7 Plus Tidak Dapat Digunakan Pada Kondisi Remang-Remang

Lensa tele rawan buram dikondisi tertentu – Untuk pertama kalinya, Apple menggunakan teknologi kamera ganda pada iPhone 7 Plus. Perangkat dengan bentang layar 5,5 inci ini dibekali kamera wide angle dengan lensa 28 mm (ekuivalen full-frame) f/1.8 dan lensa kedua dengan lensa “tele” 56 mm f/2.8 yang digunakan untuk memotret close up. Kamera kedua dengan lensa 56 mm itu memungkinkan pengguna melakukan “zoom in” pada subyek tanpa mengorbankan ketajaman gambar seperti yang terjadi pada teknik digital zoom.

lensa tele rawan buram dikondisi tertentu

Namun kedua kamera pada iPhone 7 Plus tidak selalu dapat digunakan. Ponsel akan secara otomatis menonaktifkan kamera dengan lensa 56 mm tersebut dalam kondisi tertentu. Lebih tepatnya, iPhone 7 Plus hanya akan memakai kamera wide angle 28 mm saat memotret dalam situasi minim cahaya . Alih-alih mengaktifkan kamera kedua, ketika pengguna melakukan zooming dalam kondisi low light, ponsel akan melakukan digital zoom.

Demikian juga yang terjadi jika pengguna mencoba mengambil gambar subyek yang berbeda dalam jarak yang sangat dekat. Hal ini dijelaskan oleh Vice President Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller lewat Twitter untuk menanggapi sebuah pertanyan dari pengguna. Dalam kondisi low -light atau macro 10 cm dual kamera iPhone 7 Plus mungkin akan memakai lensa wide angle 28 mm f/1.8 OIS untuk mengambil gambar terbaik,” ujar Schiller.

separator

Mengapa iPgone 7 Plus tidak memakai kamera dengan lensa tele 56 mm dalam kondisi remang-remang? kemungkinan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hasil gambar yang kurang bagus atau buram akibat goyangan. Dikondisi ideal dengan cahaya terang, kecepatan rana shutter speed akan cukup tinggi untuk meniadakan efek motion blur alias buram karena subyek atau ponsel yang bergerak ketika mengambil gambar.

Sebaiknya dalam keadaan kurang cahaya shutter speed bakal menurun sehingga gambar menjadi rawan buram. Hal tersebut terutama berlaku bagi lensa 56 mm iPhone 7 Plus yang tidak dilengkapi Optical Image Stabilizer (OIS). Fitur yang satu ini memang hanya tersedia di kamera wide angle 28 mm milik ponsel yang bersangkutan.

Artinya, lensa 28 mm bisa mentransmisikan cahaya hingga empat kali lebih banyak (2 1/3 stop) dibandingkan lensa 28 mm. Shutter speed lensa 28 mm pun bisa empat kali lebih cepat dari lensa 56 mm untuk meminimalisir gambar buram.

Top