Lenovo PHK 700 Karyawan Motorola?

Lagi, Tahun Ini Lenovo Kembali Rumahkan Ratusan Karyawan Motorola – Jika diingat, tepatnya tahun 2015 lalu pada periode yang sama seperti sekarang Lenovo dikabarkan telah memangkas jumlah pekerja dari produsen ponsel yag telah diakuisisinya, yakni Motorola. Nah, rupanya tepat satu tahun ini Lenovo kembali melakukan hal yang sama. Baru saja dikabarkan bahwa perusahaan smartphone asal Tiongkok ini telah melakukan PHK terhadap sebanyak 700 karyawan Motorola. Diketahui pengumuman PHK tersebut diterbitkan sejak 24 jam yang lalu, itu artinya mulai hari ini sebanyak 700 karyawan tersebut resmi dirumahkan. Apakah yang menyebabkan Lenovo terus saja memangkas jumlah pekerja dari Motorola?

lagi tahun ini lenovo kembali rumahkan ratusan karyawan motorola

Dari langkah yang dilakukan Lenovo tersebut, nampaknya perusahaan memang tengah melakukan perampingan. Hal ini diperkirakan Lenovo akan memboyong Motorola ke Tiongkok. Tentu saja hal tersebut dirasa lebih efisien jika dibandingkan dengan mmiliki dua perusahaan di dua negara. Dengan begitu biaya operasional juga lebih hemat. Informasi tersebut seperti yang dirangkum dari Okezone, Rabu (28/09/2016) yang ditulis menurut ungkapan dari pekerja Motorola yang telah bekerja selama 20 tahun melalui akun Facebooknya.

Seperti kita sama-sama ketahui bahwa nasib Motorola telah berada di ujung tanduk  sebelum tahun 2011 dan akhirnya terbagi menjadi dua entity, yaitu Motorola Solutions dan Motorola Mobility. Setekah itu, divisi mobile kemudian lebih memilih fokus dalam membuat produk mobile komersil dan diakuisisi Google pada 2011 lalu.

Rupanya upaya Motorola untuk bangkin saat itu tidak membuahkan hasil bahkan produsen ponsel legendaris di masanya tersebut hampit tak lagi pernah terdengar kabarnya. Jika dibandingkan mungkin senasib dengan Nokia.

Barulah setelah itu, tiga tahun kemudian Motorola jatuh ke tangan Lenovo. Dengan menjual sahamnya ke Lenovo, Motorola berharap akan hidup kembali meski tak sepenuhnya berdiri sendiri, setidaknya masih ada harapan untuk bertahan. Kini, bersama Lenovo, Motorola telah menghadirkan produk-produk smartphone baru yaitu Moto Z yang terus menggunakan logo dan bahasa desain Motorola.

Setlah dua kali dilaukan pemangkasan tenaga kerja, kini kabarnya, hanya tinggal 500 staf yang bekerja di Motorola AS.

Top