iOS 10 Lebih Rentan Malware Ketimbang iOS 9?

Belum Lama Rilis, iOS 10 Dikatakan Lebih Rentan Malware – Baru saja rilis dan digunakan pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, OS terbaru buatan Apple yaitu iOS 10 memang sebelumnya telah menjadi platform yang dinantikan. Pasalnya, seperti biasa untuk produk baru pastinya Apple telah mempersiapkan segudang teknologi terbaru dan fitur-fitur yang lebih canggih dari versi-versi sebelumnya. Berbagai peningkatan biasanya diberikan pada iOS versi terbaru ini. Namun, rupanya yang terdengar justru sebaliknya.

belum lama rilis ios 10 dikatakan lebih rentan malware

Kabarnya, berdasarkan informasi Phone Arena yang dilansir dari Okezone, Sabtu (24/09/2016) tertulis bahwa sebuah perusahaan keamanan siber asal Rusia, Elcomsoft melaporkan bahwa Apple telah mengimplementasikan sebuah mekanisme verifikasi password terbaru yang memiliki celah brute froce. Celah tersebut akan memungkinkan peretas untuk masuk dengan cara menebak password.

Hal ini tentu saja membahayakan pengguna, karena dengan hanya menebak passwored, peretas bisa membobol iOS 10. Karena seperti kita ketahui bahwa peretas atau malware bisa datang dari mana saja. Jika orang terdekat, pasti akan mudah menebak digit-digit yang kemungkinan digunakan sebagai password pengguna.

separator

Sebagai informasi, celah keamanan yang ada pada iOS 10 tersebut diklaim memiliki kerentanan yang lebih cepat hingga 2.500 kali yang nampaknya melewati pemeriksaan keamanan tertentu di sistem operasi iOS 9. Itu artinya, sudah terlihat begitu jelas jika iOS 10 terbukti lebih rentan dibandingkan dengan iOS 9, padahal seharusnya sebagai produk baru akan menawarkan fitur yang lebih bagus termasuk dalam fitur keamanan.

Selain itu, peneliti lain yang dikatakan bernama Per Thorsheim menjelaskan seperti yang dirangkum dari sumber yang sama yaitu bahwa terjadinya penurunan algoritma pada iOS 10 dari SHA1 dengan 10K ke SHA256 juga berpotensi memiliki celah terjadinya brute-force password pada processor komputer pada umumnya.

Elcomsoft kemudian menambahkan bahwa serangan brute force ini hanya diterapkan pada pencadangan iOS 10 dan dapat juga digunakan oleh peretas untuk menyerang jika memiliki akses terhadap perangkat calon korbannya baik itu akun Apple korban maupun komputer pribadi. Namun, kabarnya sejauh ini Apple sendiri masih belum memberikan tanggapan apapun terkait hal ini. Hanya saja, kemungkinan akan hadir versi update dari iOS 10 dengan sistem keamanan yang lebih baik.

Top