Google Pensiunkan Android Nexus?

Google tak lagi keluarkan Nexus – Jika berbicara soal smartphone Google, pasti pertama kali yang terpikir adalah Android Nexus, Pasalnya brand Nexus sudah sangat terkenal dan dianggap sebagai salah satu lini smartphone paling berpengaruh didunia dengan ciri khas stock ROM Android-nya. Tetapi sangat disayangkan dikabarkan Google akan memensiunkan brand Nexus tahun ini.

google tak lagi keluarkan nexus

Setelah membuat brand tujuh generasi smartphone dan tablet, Google sudah tidak akan mau memproduksi menggunakan nama Nexus lagi. Kabar ini juga diperkuat dengan adanya ganvar dua perangkat terbaru dari Google, Sailfish dan Marlin. Namun menurut laporan Android central dua smartphone tersebut tidak akan memaki nama Nexus melainkan brand baru buatan Google. Ya kemungkinan kiprah panjang brand Nexus dari tahun 2009 lalu akan berakhir di 2016.

Sebelumnya bocoran dari HTC harga dari Sailfish dan Marlin akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Nexus generasi 2015. HTC Marlin akan menggunakan memori 32 GB dan akan dibandrol dengan  harga USD599 atau setara dengan Rp 8 juta. Sementara untuk pendampingnya yaitu Sailfish berkapasitas memori sama dengan marlin dan dibanrol dengan harga USD 499 atau setara dengan Rp 6,6 juta. Rumor berikutnya menyebutkan bahwa perangkat Google selanjutnya menggunakan sistem operasi Android yang lebih fleksibel untuk di modifikasi, beberapa elemen antar muka Nexus Launcher akan diubah dan lebih menonjolkan fitur Google Assistant.

separator

Dikabarkan bahwa Marlin mengusung layar 5,5 inci (2.560 x 1.440 piksel) ponsel ini juga dibekali dengan chipset Qualcomm snapdragon 820, RAM 4 GB, Sistem operasi Android 7.0 Nougat, serta baterai berkapasitas 3.450 mAh, dan mengandalkan kamera sensor berkualitas 13 megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel. Sementara untuk Sailfish dikatakan berukuran lebih kecil dengan layar 5 inci (2.560 x 1.440 piksel) dan baterai 2.770 mAh . Selain baterai dan ukuran layar sailfish neniliki spesifikasi prosesor, RAM dan memori internal yang sama.

Dan perbedaan untuk masalah bodi kemungkinan Marlin akan mengusung materi logam sebagai bahan dasar bodinya sementara untuk Sailfish disebut- sebut akan mengusung materi plastik. Segala rumor yang beredar belum dipastikan sampai kedua lini ini benar- benar diluncurkan.kemungkinan keduanya kan diluncurkan pada bulan Oktober mendatang. Baca juga Nexus marlin dan Sailfish meluncur Oktober dan Inilah Penyebab Nexus 5 dan HTC One M8 Tidak Bisa Dapatkan Update Android Nougat

Top