Dinilai Langgar Hak Cipta, Situs Konversi YouTube Kena Tuntutan USD150 Ribu

Situs Konversi YouTube Diklaim Fasilitasi Pelanggaran Hak Cipta – Semakin berkembangnya teknologi, rasanya segala sesuatu yang berhubungan dengan internet bisa digunakan sebagai bahan bisnis, baik itu yang bersifat legal maupun ilegal. Hal ini, tentu saja bisa menguntungkan dan merugikan berbagai pihak. Mengapa demikian? Pasalnya, jika usaha tersebut dilakukan secara ilegal maka tentu saja ada pihak yang merasa dirugikan. Jika sudah seperti itu, maka langkah yang harus diambil adalah membawanya ke jalur hukum agar hal serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

situs konversi youtube diklaim fasilitasi pelanggaran hak cipta

Salah satunya adalah, seperti baru-baru ini, informasi yang hadir dari sebuh situs bernama YouTube-mp3.org. Seperti diketahui, situs tersebut merupakan salah satu wadah bagi pengguna untuk melakukan rekaman lagu kemudian bisa diunggah ke akun  YouTube. Namun, rupanya hal tersebut menimbulkan masalah, khususnya bagi beberapa perusahaan label rekaman.

Dalam hal ini, situs tersebut kena tuntutan karena dianggap menyediakan layanan konversi video YouTube menjadi file audio berformat mp3. Menurut keterangan, layanan tersebut secara tidak langsung memfasilitasi pengguna untuk melanggar hak cipta.

separator

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari Okezone, Kamis (29/09/2016) mengatakan bahwa para penggugat mengkalim bahwa situs ini memfasilitasi penggunanya dituntut melanggar hak cipta. Selain itu, mereka juga menganggap bahwa situs tersebut telah mengambil keuntungan material dari layanan tersebut. Hal itu diutarakan atas dasar karena pihak pemilik situs sama sekali tidak meminta izin terhadap label rekaman. Bahkan, bukan hanya menuntut saja, para perusahaan label musik meminta situs tersebut untuk membayar ganti rugi hak cipta sebesar  USD150 ribu untuk setiap kasus dugaan pembajakan.

Menurut data yang dilaporkan oleh Gizmodo, Kamis (29/09/2016) mengatakan bahwa situs ini memilki 60 juta pengguna aktif per bulannya. Tentu saja angka tersebut telah menghasilkan banyak keuntungan untuk satu pihak saja, sementara situs tersebut dianggap berjalan ilegal karena tanpa sizin label rekaman. Berdasarkan angka tersebut, maka nilai gugatan dapat melonjak pesat. Sebagai bukti, pihak label menyertakan sebanyak 300 dokumen mengenai lagu mana saja yang telah dibajak situs ini. Jika terbukti bersalah, maka pengelola situs ini dapat dikenai hukuman pidana.

Top