Data WhatsApp Dibagikan Ke Facebook

WhatsApp Dilarang menyebarkan data ke Facebook – WhatsApp telah menyebar pemberitahuan kepada seleuruh pengguna, bahwa data mereka akan dibagikan kepada Facebook, perusahaan induk pemiknya saat ini. Banyak pengguna WhatsApp yang tidak suka kala itu, pasalnya layanan pesan instan itu ingkar janji. Kini pemerintah Jerman juga merasakan hal yang sama. Salah satu anggota komisi perlindungan data di kota Hamburg meminta Facebook untuk berhenti mengumpulkan dan menyimpan data WhatsApp di Jerman.

whatsapp dilarang menyebarkan data ke facebook

Regulator di Jerman juga meminta jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg itu menghapus semua informasi yang telah diteruskan dari WhatsApp, untuk sekitar 35 juta penggunanya di Jerman. Seharusnya keputusan mereka sendiri pengguna apakah ingin terhubung dengan akun Facebook mereka atau tidak. Seharusnya Facebook harus meminta izin terlebih dahulu.

Untuk diketahui, WhatsApp telah menampilkan pemberitahuan dan memberikan opsi apakah penggunanya ingin membagi datanya dengan Facebook atau tidak.  Facebook membela diri dengan mengajukan argumen bahwa pembagian data antara WhatsApp dan Facebook sudah sesuai dengan undang-undang privasi di Eropa. Facebook akan bekerja sama dengan regulator untuk mengatasi keberatan ini. Regulator Hamburg memiliki otoritas atas aktivitas Facebook di Jerman, sebab anak usaha Facebook di Jerman berkantor di kota tersebut.

Rencananya, jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg itu akan memakai data-data WhatsApp sebagai alat penunjang kinerja platform iklan mereka. Misalnya, pembuatan penargetan iklan jadi lebih tepat atau memperbaiki fitur-fitur dalam produk tertentu.Hingga saat ini belum jelas bagaimana data WhatsApp akan dipakai untuk membantu kinerja alat penarget iklan. Namun perlu diketahui bahwa untuk menyusun iklan yang tepat bagi pengguna tertentu, perusahaan membutuhkan sebanyak mungkin metadata. Setiap bagian kecil metadata inilah yang disusun untuk menggambarkan profil pengguna.

 

Top