Bulan Ini BlackBerry Pensiun Bikin Hardware?

Bulan Ini Nasib Smartphone BlackBerry Akan Diputuskan – Kabar terbaru hadir dari BlackBerry. Beberapa waktu lalu, di hadapan publik CEO BlackBerry, John Chen pernah mengungkapkan bahwa perusahaan akan membuat divisi hardware kembali untung. Pasalnya, memang beberapa tahun belakangan ponsel BlackBerry mulai kalah populer sengan ponsel-ponsel Android, terlebih lagi saat ponsel Android juga telah mendukung aplikasi BlackBerry tersebut, akhirnya hardware dengan merek BlackBerry tersebut mulai ditinggalkan pengguna. Saat itu, John Chen mengatakan bahwa apabila divisi hardware kembali gagal memberi keuntungan lagi, maka perusahaan terpaksa harus memutuskan untuk menutup divisi perangkat keras tersebut. Artinya, BlackBerry tak akan lagi meracik perangkat smartphone sendiri. Selain itu, John Chen juga memberi deadline waktu hingga bulan ini, September 2016.

bulan ini nasib smartphone blackberry akan diputuskan

Berdasarkan infromasi yang dilaporkan Financialpost dan dirangkum dari Okezone, Rabu (28/09/2016) dikatakan bahwa Chen awlnya memang optimis bahwa divisi hardware akan bergairah karena memang meski penggunanya semakin berkurang tetapi pasarnya tetap ada terutama dari para pelanggan yang memang memperhatikan keamanan ponsel maupun dari kalangan pemerintah.

Perlu diketahui, bahwa divisi hardware telah kehilangan USD21 juta di kuartal terakhir yang berakhir 31 Mei pada penjualan 500 ribu ponsel. Bukannya untung seperti yang ditargetkan sebelumnya, malah rugi. Hal ini tentu membuat perusahaan kecewa.

separator

Kabar terbaru dari BlackBerry ini sendiri adalah perusahaan telah meluncurkan DTEK50, yaitu smartphone berbasis Android yang diklaim paling aman di dunia karena telah dikolaborasikan dengan sistem keamanan yang dimiliki oleh BlackBerry.

Chen kemudian mengatakan bahwa untuk membuat divisi hardware kembali untung, ia perlu menjual tiga juta ponsel setiap tahun. Sementara untuk meraup pendapatan, BlackBerry juga memperluas divisi dengan lisensi software device bersama dengan smartphone.

Lalu, pada April 2016 dilaporkan, bahwa BlackBerry akan putuskan nasib smartphone pada September 2016. Hal ini dikarenakan bisnis smartphone BlackBerry dilaporkan mengalami kemunduran. Perusahaan yang yang berbasis di Kanada tersebut akhirnya memiliki rencana untuk menghentikan penjualan smartphone-nya pada bulan September 2016.

Lalu, bagaimana kelanjutan nasib BlackBerry? Mengingat sekarang telah menuju penghujung bulan September 2016. Akankah BlackBerry benar-benar pensiun bikin hardware?

Top