Atasi Pemberitaan Palsu, Facebook Bakal Andalkan Teknologi Baru

Facebook Gunakan Teknologi Baru Untuk Cekal Berita Palsu – Di tengah kontroversi pemecatan karyawan bagian Trending Topic, Facebook kini secara aktif mengerjakan teknologi baru yang membantu untuk menghindari berita palsu. Tindakan yang dilakukan oleh pihak FB tersebut merupakan tanggapan dari pihaknya dalam memaksimalkan program pemberitaan yang lebih terukur dan aktual.

Facebook Gunakan Teknologi Baru Untuk Cekal Berita Palsu

Di sisi lain, Sistem yang sama juga sudah diterapkan pada News Feed beberapa bulan terakhir. Kini teknologi yang sama akan diberikan pada Trending Topic. Hal ini sebagai tanggapan atas tudingan bahwa Facebook menekan berita konservatif di bagian Trending Topic-nya. Hal ini seperti diketahui, sebelumnya Facebook memperkerjakan 15-16 orang dalam tim untuk memastikan berita yang sama tidak masuk dalam topik yang berbeda. Tim ini juga bertanggung jawab untuk memberikan ringkasan untuk setiap topik yang banyak dibicarakan.

Akan tetapi, Adam Moseri selaku Ketua bagian News Feed mengatakan bahwa “perusahaan ingin jelas – di tengah tingginya masukan – tentang peran mereka dan peran komunitasnya di produk Trending Topic”. Produk itu kini dijalankan sepenuhnya oleh alogaritma. Meskipun demikian, Mosseri sendiri tidak akan langsung serta merta menyalahkan tim editor yang dituding melakukan kesalahan hingga timbul cerita palsu atau terlalu dilebih-lebihkan di Trending Topic. “Kami mencoba untuk memastikan kami memiliki pengalaman yang diambil berdasarkan penggunaan terbesar oleh pengguna di seluruh dunia,” kata dia.

separator

Berkaitan dengan hal itu, bisa diketahui bahwa Facebook benar-benar ingin memberikan pelayanan yang maksimal kepada para penggunanya. Hal tersebut wajar saja mengingat Facebook sendiri tak ingin terkena dampak yang lebih jauh akibat kontroversi terkait berita palsu yang belum lama ini menyebar di mdia sosial. Baca juga Facebook Berhentikan Beberapa Tim Trending Topik dan WhatsApp Dikabarkan Mulai Pasang Iklan.

Top