Antrian iPhone Lebih Sepi Dari Biasanya?

iPhone 7 sepi peminat – Saat transaksi pertama dilakukan Wu Ting  terkejut ketika tahu bahwa dirinya menjadi pengantri pertama iPhone di Apple Store Shanghai pada penjualan perdana iPhone 7 pekan lalu. Padahal, ia datang satu jam sebelum toko dibuka dan transaksi pertama dilakukan. Antrian yang lebih lapang juga terjadi di Tokyo, Ayona Tominaga yang mengaku sebagai fanboy Apple garis keras cuma butuh menginap dua hari untuk membeli iPhone 7 yang di dambakan.

iphone 7 sepi peminat

Dua tahun lalu, gadis tersebut perlu menggelar tikar di depan Apple Store selama sembilan hari agar kebagian stok pertama iPhone 6. Pernyataan itu diiyakan beberapa pegawai Apple Store. Pegawai Apple mulai dari San Fransisco hingga Shanghai merasakan jumlah antrian yang jauh menipis, lalu apa penyebab terjadinya pengurangan peminat iPhone 7 kali ini?

Menurut konsultan strategis Zhou Zhanggui, hal ini tak luput dari mekanisme pemesanan awal alias pre-order yang semakin digandrungi masyarakat. Para fanboy lebih memilih memesan online dan duduk manis di rumah menunggu pesanannya datang. Hal ini dianggap lebih efisien tenaga dan waktu. Tak perlu ada acara menginap di jalanan, membangun tenda, dan berdesak-desakan dengan para fanboy lain. Selain itu, secara spesifik di China, Zhanggui mengatakan Apple menghadapi kompetisi yang sengit dengan vendor lokal. Penjualan iPhone pada periode April hingga Juni 2016 merosot tajam di Negeri Tirai Bambu.

separator

Market share Apple tersisa 7,8 persen. Angka itu menurun dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Posisi Apple di China pun kini tergantikan vendor lokal seperti Huawei, Oppo, dan Vivo. Hal ini, menurut Zhanggui, merupakan gambaran penurunan minat masyarakat China terhadap produk Apple, termasuk iPhone 7.  Secara global, awal tahun ini Apple juga melaporkan penurunan pertumbuhan penjualan iPhone untuk pertama kalinya selama satu dekade. Bahkan, kondisi itu tak membaik di kuartal kedua 2016.

Meski demikian, hal ini tak berarti Apple turun kelas. Perusahaan inovatif tersebut masih menjadi perusahaan berprofit jumbo dengan kenaikan untung 84 persen selama lima tahun. Apple juga mengumumkan varian Plus ludes diborong para pemesan awal hanya dalam beberapa hari pasca periode pre-order dibuka. Pabrikan Cupertino itu belum bisa membeberkan angka penjualan sejauh ini. Namun, mereka mengklaim permintaan lebih besar daripada stok yang disediakan. Baca juga iPhone 7 memiliki kinerja lebih cepat dan Pengunjung siksa iPhone 7

Top