Wow! Go-Jek Dapat Kucuran Dana Investasi Rp7,2 T

Go-Jek Terima Kucuran Dana Senilai Triliunan Rupiah dari Investor – Siapa yang tak mengenal Go-Jek, perusahaa startup yang saat ini tengah naik daun di Indonesia. Perusahaan yang populer dengan berbagai layanan melalui pemesanan online ini rupanya juga populer di kalangan perusahaan asing. Pasalnya, baru saja Go-Jek dikabarkan mendapat kucuran dana 550 juta dollar AS (Rp7,2 triliun) dari konsorsium global yang terdiri dari berbagai investor baru. Beberapa diantaranya adalah KKR, Warburg Pincus, Farallon Capital, dan Capital Group Markets.

go jek terima kucuran dana senilai triliunan rupiah dari investor

Selain para investor baru, bahkan investor lama Go-Jek seperti Sequoia India, Northstar Group, DST Global, NSI Ventures, Rakuten Ventures, dan Formation Group juga tak ketinggakan ikut serta dalam sesi investasi kali ini.

Untuk apa dana investasi sebesar itu? Kabarnya Go-Jek bakal menggunakannya untuk menumbuhkan skala operasi dan seluruh kualitas layanan-layanannya, termasuk di dalamnya adalah layanan jasa ojek, pengiriman makanan, kurir, e-wallet (Go-Pay) dan juga termasuk layanan mobil panggilan Go-Car.

Dalam hal ini, seperti informasi yang dirangkum melalui KompasTekno, Jumat (05/08/2016) dimana tertulis dalam TechCrunch bahwa dengan adanya pendanaan di atas, valuasi Go-Jek telah mencapai 1,3 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 17 triliun sehingga dengan hal ini, Go-Jek disebut sebagai startup “unicorn” atau (bernilai di atas 1 milliar dollar AS).

Seperti kutipan yang dilansir pada sumber yang sama, Nadiem Makarim selaku CEO sekaligus Founder Go-Jek mengatakan, “Kami merasa terhormat dan senang bisa bekerja sama dnegan partner-partner kelas dunia,” ujarnya.

“Para peserta sesi pendanaan ini bukan hanya membawa pengalaman global di bidang teknologi, media, dan juga telekomunikasi saja, namun mereka juga merupakan partner lokal yang berpengalaman,” imbuhnya.

Selain itu, Head of Southeast Asia Warburg Pincus juga mengatakan bahwa aplikasi Go-Jek sendiri telah diunduh sebanyak 20 juta kali hingga akhir Juni 2016 ini. Jumlah pesanannya sendiri telah tercatat sebanyak 20 juta, hanya untuk bulan Juni saja.

Dari data tersebut dikatakan,” Itu berarti ada delapan pesanan yang diproses setiap detiknya pada bulan tersebut,” ujarnya.

Sebagai informasi, Go-Jek sendiri saat ini memiliki sebanyak 200.000 pengemudi sepeda motor dan mobil. Merchant Go-Food tercatat sebanyak 35.000, masih lagi ditambah dengan adanya 3.000 penyedia layanan jasa lainnya.

Sejauh ini kompetitor terkuat Go-Jek adalah Grab. Pada bulan lalu, Grab mengumumkan kerja samanya dengan Lippo Group dalam penyediaan jasa mobile payment. Sejauh ini, Grab telah mendapat kucuran dana sebesar 700 juta dollar AS dari investor SoftBank Corp, China Investment Corp, dan Temasek Holdings. Baca juga Go-Jek Gandeng Green Nitrogen Siapkan Go-Auto dan Go-Jek Rangkul Dua Startup Asal India,  C42 Engineering dan CodeIgnition

Top