Tim Trending Topic Facebook Bakal Dipecat, Kenapa?

Facebook Berhentikan Beberapa Tim Trending Topik – Belum lama ini, Facebook secara mengejutkan dikabarkan akan segera membuat suatu perubahan pada fitur trending topiknya yang dinilai cukup kontroversial. Pihaknya telah memutuskan untuk segera menghilangkan potensial bias di social networking yaitu dengan mengurangi bahkan meniadakan kurator manusianya. Hal tersebut seperti apa yang dilaporkan dari Bussiness Insider yang menyebutkan bahwa Facebook telah mempensiunkan 15-18 kurator kontrak yang telah dipekerjakan untuk menulis deskripsi pendek di setiap trending topik.

facebook berhentikan beberapa tim trending topik

Di sisi lain, justru para kurator tersebut sebelumnya belum mengetahui hal tersebut dan baru mengetahui bahwa pekerjaan mereka di Facebook akan diberhentikan pada Jumat 26 Agustus 2016 jam 16.00 waktu setempat. Mungkin sebuah kebetulan di mana pada saat itu juga Facebook merilis sebuah blog yang mengumumkan perubahan tersebut. Tentunya, hal tersebut merupakan sebuah kewenangan dari pihak Facebook sendiri.

Tak hanya sampai di situ saja, dilaporkan juga bahwa para kurator tersebut sudah diberikan pesangon dan diminta untuk segera meninggalkan pekerjaannya. Menurut Quartz selaku orang yang terlibat penuh dalam fitur trending topik adalah teknis Facebook yang membenarkan alogaritma. Tugasnya hanya mengecek dan memberikan kepastian bahwa item berita yang sama tidak muncul dalam 2 topik yang berbeda.

separator

Di sisi lain, sebagai tambahan informasi juga dan perlu diketahui bahwa Trending Topic Facebook telah menjadi sasaran pengawasan sejak 2016 ketika mantan editornya mengklaim bahwa mereka sengaja menekan berita konservatif di daftar trending topic. Baca juga WhatsApp Dikabarkan Mulai Pasang Iklan dan Laboratorium Facebook Seluas Lapangan Bola.

Top