Spotify Dituduh Diskriminasi Afiliator Apple

Perseteruan Spotify dengan Apple Berbuntut Panjang – Salah satu fungsi gadget dalam dunia modern ini dalah untuk mendengarkan musik. Jika menilik hiburan yang satu ini, nampaknya memang menjadi salah satu metode hiburan yang masih laku di tengah perkembangan teknologi yang ada. Pasalnya, penggemar setia musik nampaknya tak begitu bergeming denagn munculnya model-model hiburan baru semacam games dan virtual reality. Bagi penggemar musik, kualitas lagu adalah hal yang menjadi alasan utama mengapa musik patut diperdengarkan.

spotify dituduh diskriminasi afiliator apple

Salah satu perusahaan yang masih setia bermain denagn konsep musik ini adalah Apple. Melalui Apple Music-nya, perusahaan ini dapat mencegah berbagai macam pembajakan yang terjadi. Alhasil, hak para pembuat lagu dan penyanyinya lebih dihargai melalui konsep ini. Namun, bukan usaha namanya jika tanpa persaingan. Muncul dengan konsep yang lebih ‘gratisan’, Spotify memang nampak mampu menggemingkan kebesaran Apple.

Pasalnya, Spotify sempat dianaktirikan oleh Apple melalui hilangnya update-an Spotify di App Store. Tentu saja, untuk skala perangkat pintar, keluarnya update-an dari satu tempat belanja, App Store, menjadi pertanyaan besar mengapa hal tersebut dapat terjadi. Menariknya atas perilaku Apple tersebut, Spotify dikabarkan tak tinggal dia.

Dilansir dari Kompas (29/8/2016), Spotify dikabarkan membalas tindakan Apple dengan hal yang cukup unik. Kabarnya, Spotify semacam melakukan filter untuk lagu-lagu dan penyanyi yang secara eksklusif bekerja sama dengan Apple. Hal ini tentu sangat berdampak bagi para penyanyi dan pencipta bersangkutan lantaran para penggemarnya bakal kesulitan untuk mendengarkan karya ciptanya.

Walaupun bukan dikonsepkan sebagai penghapusan, namun keculitan yang dirasakan oleh para pengguna Spotify terhadap lagu-lagu tertentu tersebut memang tak dapat dipungkiri. Menariknya, hal ini ditampik oleh perwakilan Spotify yang menyatakna bahwa kabar tersebut tidak benar adanya.

Hal yang pasti, beberapa penyanyi terkenal memang masih lebih suka bermitra kepada Apple ketimbang kepada Spotify. Pasalnya, Apple lebih menjanjikan keuntungan dimuka lantaran adanya penarikan biaya sebelum karya cipta dapat dinikmati. Sedangkan Spotify cenderung gratis dengan beberapa fitur khusus yang sengaja dibuat berbayar. Baca juga Kebocoran Data Pengguna Spotify dan Ini Dia Beberapa Penawaran Paket Indosat Ooredoo Untuk Spotify.

Top