Sensasi Kamera Mirrorless Fujifilm X-T2

Kamera dengan gaya retro ala SLR tahun80 an – Fujufilm segera merilis kamera mirroless terbarunya, bernama X-T2 yang akan dipasarkan di Indonesia pada September mendatang. Kamera yang dibandrol Rp 21 juta ini ditujukan untuk kalangan fotografer profesional yang bisa memakai DSLR.

kamera dengan gaya retro ala slr tahun 80 an

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, X-T1 , X-T2 mengusung banyak perubahan baik dari sisi luar maupun jeroannya yang membuat kamera ini lebih ideal untuk dipakai memotret. Kamera dengan gaya retro ala SLR tahun 80-an ini tidak ubahnya produk bertampilan jadul tetapi memiliki klualitas modern yang dijejali dengan macam teknologi digital imaging modern.

Sebelumnya para pengguna kamera Fujifilm X-T1 pasti langsung pemiliar dengan X-T2. Ini karena kamera yang bersangkutan memang mempertahankan faktor bentuk yang sama persis, denagn Electronic Viewfinder (EFV) dalam, handgrip, serta rangkaian tombol dan control dial. Totalnya ada enam tombol Function (Fn) yang fungsinya bisa diganti sesuai keinginan pengguna.

Di bagian top plate bertengger tiga control dial yang masing- masing mengatur fungsi exposure compensation, kecepatan rana, dan rentang sensitivitas yang kini memiliki range native ISO 200-12.800, atau 1 stop lebih tinggi dari X-T1 yang sudah mentok di ISO 6.400. ISO dial ditumpuk dengan dial kedua yang mengatur drive mode ( single shot, continuous low/ high video) sementara dial untuk  metering (spot, partial, evaluative) disatukan dengan dial kecepatan rana.

Perbedaan lain kecepatan rana maksimum ikut ditingkatkan dari 1/4.000 detik pada X-T1 menjadi 1/8.000 detik .  X-T2 ikut menyediakan electronik shuter yang mampu mencapai shutter speed setinggi 1/32.000 detik, dengan catatan tidak dapat dipakai bersama flash atau cahaya lampu yang bisa menyebabkan banding.

Fitur dua slot yang sudah lama hadir di DSLR profesional kemampuan ini juga disenatkan oleh fujifilm pada X-T2 yang memiliki dua slot SD card (UHS-2). Keduanya bisa diatur sebagai media penyimpanan yang otomatis berpindah ke slot 2 apabila kartu slot 1 kehabisan ruang.

Tertarik? Fujifilm X-T2 dijadwalkan mulai tersedia di Indonesia September mendatang dengan harga dipatok kisaran Rp 21 juta. Baca juga Fujifilm X-A3 berlayar LCD bisa dilipat sampai 180 derajat dan Fujifilm Kembali Kenalkan Kamera Mirrorless Kelas Atas, X-T2

Top