Mobil Tanpa Sopir Uber, Akhir Bulan Ini Mulai “Narik”

XC90, Mobil Pintar Uber-Volvo Segera Dilepas ke Jalanan – Beberapa waktu lalu telah dikabarkan bahwa Uber tengah mengembangkan mobil tanpa sopir atau yang sekarang populer disebut otonom bersama dengan Volvo. Nah, rupanya kini Uber sudah tak sabar lagi ingin melepas jagoannya ini ke jalanan. Rencananya, mobil tersebut akan mulai beroperasi sebagai mobil penumpang mulai akhir bulan Agustus ini di Pittsburgh, AS.

xc90 mobil pintar uber volvo segera dilepas ke jalanan

Konsumen Uber di kota tersbet, nantinya akan bisa memanggil mobil tanpa sopir ini melalui aplikasi Uber seperti biasanya. Hanya saja, untuk sementara waktu memang mobil tanpa sopir ini masih tetap akan diawasi oleh sopir sungguhan yang hanya duduk di balik kemudi tanpa melakukan apapun. Hal ini tentu saja untuk memantau kondisi mobil saat di jalanan.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Bloomberg yang dirangkum dari KompasTekno, Senin (22/08/2016) mengatakan bahwa Volvo telah menjadwalkan pengiriman dari 100 mobil tanpa sopir tersebut hingga kahir tahun 2016 ini. Sementara untuk saat ini baru beberapa unit saja yang siap panggil.

Meskipun akan segera memenuhi pengiriman hingga akhir tahun, bukan berarti Uber-Volvo sanpai begitu saja. Untuk teknologi mobil ini, kedua perusahaan tersebut terus melakukan pengembangan hingga mobil sejenis XC90 ini benar-benar akan mampu beroperasi tanpa perlu lagi campur tangan manusia sama sekali pada 2021 mendatang.

Itu artinya, tenaga kerja manusia sedikit demi sedikit tak dibutuhkan lagi. Hal ini nantinya kemungkinanakan bisa menimbulkan pro dan kontra.

Kembali pada dua perusahaan tersebut, kini Uber dan Volvo telah memiliki perjanjian yang sifatnya eksklusif, sehingga Uber masih tetap bisa menjalin kerja sama dengan perusahaan lainnya. Hal ini seperti pada Juli lalu Uber telah mengakuisisi Otto, yakni startup dengan jumlah 91 karyawan untuk fokus menggarap proyek truk tanpa sopir.

Selain itu, Dalam hal teknologi mobil tanpa sopir, Uber mengambil pendekatan yang berbeda dari perusahaan lain seperti Google dan Tesla. Seperti layanan transportasinya yang tak memiliki armada, Uber tidak berniat memproduksi mobilnya sendiri, tapi menyerahkan peranan itu ke pabrikan otomotif rekanan.

Kembali pada XC90, sebagai bagian dari uji coba, pelanggan bakal bisa memanggil dan memakai mobil tanpa sopir secara cuma-cuma, bebas dari tarif standar sebesar 1,05 dollar AS (sekitar Rp 14.000) per mil (1,6 km). Baca juga Uber Siapakan Maps Sendiri dan Layanan Transportasi Uber Merilis Uber Motor

Top