Mi5 Dikabarkan ‘Njebluk’

Dua Perangkat Xiaomi Dilaporkan Tewas Meledak – Peristiwa ledakan telepon genggam sebenarnya bukan hal yang baru di dunia teknologi. Pasalnya, sebelum kemunculan telepon pintar, fenomena ini sempat menghiasi beberapa media bahkan dari merek-merek terkenal. Namun, bukan berarti peristiwa ini merupakan hal yang lazim untuk dibiarkan begitu saja.

mi5 dikabarkan njebluk

Kali ini berita ledakan datang dari Xiaomi. Sebelumnya, perangkat Xiaomi Mi4i menjadi pelaku ledakan tersebut. Baru-baru ini, Xiaomi Mi5 juga dilaporkan mengalami kejadian serupa. Dilansir dari Okezone (2/8/2016), Xiaomi Mi5 sudah diunggah dalam keadaan gosong melalui jejaring Weibo. Melihat kondisi yang ada, selain mengalami gosong khas plastik terbakar, perangkat tersebut rusak parah pada bagioan belakang. Nampak dari gambar yang beredar keberadaan baterai yang menganga dari posisinya yang mengindikasi sumber ledakan yang cukup kuat.

Menariknya, bagian depan perangkat tersebut masih terbilang mulus dibandingkan dengan bagian belakangnya. Namun hingga saat ini belum ada laporan tentang korban pengguna yang disebabkan kejadian tersebut. Menanggapi peristiwa mengerikan tersebut, Xiaomi yang telah diberi tahu sebelumnya akan melakukan investigasi atas peristiwa itu. Menariknya, dalam kasus yang sudah-sudah biasanya pabrikan akan memberikan unit baru pada pemilik ponsel tersebut.

separator

Jika melihat kasus-kasus sebelumnya, ledakan pada telepon pintar berasal dari baterai yang menjadi nyawanya. Pasalnya, teknologi baterai lithium memang rawan terhadap ledakan apabila dikondisikan secara tidak benar. Biasanya, pabrikan berdalih bahwa pengguna menggunakan charger non orisinil yang memiliki spesifikasi berbeda dengan kemampuan baterai pada perangkat bersangkutan. Hal ini utentu bukan menjadi suatu pembenar informasi sebelum Xiaomi memberikan hasil investigasinya secara resmi kepada masyarakat.

Tentu saja, peristiwa ini pada pokoknya menuntut kehati-hatian pengguna dalam menggunakan perangkat pintarnya terutama pada saat mengisi ulang baterainya. Lebih-lebih jika memaksakan diri menggunakan charger non orisinal atau bahkan menggunakan charger perangkat lain, mungkin bisa sangat berbahaya apabila spesifikasi charger yang digunakan tak sesuai dengan yang seharusnya. Perlu sebagai masukan, untuk perangkat yang memiliki baterai removable, ada baiknya untuk tidak menggunakan baterai KW yang tak memiliki sistem pengamanan. Baca juga Kini Xiaomi Mi5 Varian Warna Hitam Telah Tersedia dan Xiaomi Mi5 Bakal Memasuki Pasaran Tanggal 6 April.

 

Top