Langgar Antimonopoli, Apple Diseret ke Pengadilan

Diduga Langgar Antimonopoli, Apple Diselidiki Pengadilan – Lagi, Apple harus kembali berurusan dengan pihak pengadilan. Kali ini, dikabarkan bahwa otoritas anti monopoli Rusia memanggil pihak Apple untuk memberi keterangan terkait tuduhan yang menjurus pada pengaturan harga iPhone-nya.

diduga langgar antimonopoli apple diselidiki pengadilan

Awalnya, penyelidikan tersebut bermula dari kecurigaan seorang konsumen yang merasa aneh saat melihat harga iPhone yang identik di sebanyak 16 toko retail. Akhirnya, terkait kecurigaan tersebut pihaknya meneruskan laporan kepada pihak otoritas setempat.

Setelah diselidiki, memang di penyelidikan awal, 16 toko retail tersebut mempertahankan harga iPhone dalam jangka waktu yang lama, selain itu harganya juga identik sama. Dalam hal ini, akhirnya Apple dicurigai telah melakukan pelanggaran antimonopoli di Rusia.

Memang terasa aneh, jika pergeseran harga produk apalagi seperti gadget, pasti akan cepat sekali berubah, dan biasanya untuk beberapa tempat pasti akan terdapat perbedaan meskipun tak banyak. Nah, kali ini semua toko tersebut mempertahankan harga yang sama persis. Untuk itulah, pihak otoritas negara tersebut lalu mengambil tindakan.

Dari kutipan yang dilansir pada Okezone, Rabu (10/08/2016) bahwa lembaga otoritas Rusia menuliskan pernyataan resminya, “Kami melihat tanda-tanda pelanggaran di reseller iPhone Apple yang mengakibatkan harga yang sama untuk smartphone ini,” Ungkapnya.

Kasus ini rupanya bukan pertama kalinya menimpa Apple. Kasus tuduhan terkait monopoli harga juga terjadi pada tahun 2013 lalu. Sebelumnya, Hakim di New York juga telah menemukan bukti kuat terhadap Apple karena telah melanggar undang-undang anti monopoli federal. Mereka juga diduga telah bersekongkol dengan para penerbit untuk menghilangkan adanya harga eceran dan menaikkan harga e-book.

Sejauh ini, pihak Apple sendiri masih belum memberi kofirmasi apapun. Meski demikian, bukti yang diperoleh dari penyelidikan telah kuat menyatakan bahwa Apple memang melakukan pelanggaran tersebut. Terlebih lagi dengan riwayat perusahaan ini yang sebelumnya pernah terjerat kasus serupa, maka kecurigaan semakin kuat.

Masih belum ada informasi lebih lanjut apakah penyelidikan akan dilanjutkan lebih mendalam atau Apple langsung dikenai sanksi, yang jelas saat ini perusahaan berlogo buah apel tergigit itu, tengah bermasalah dengan pihak berwajib Rusia. Baca juga Apple Dituduh Jiplak Sensor Jarak dan iPhone Digugat Paten Tahun 1992

Top