Kaspersky Tawarkan Imbalan Rp656 Juta Untuk Penemu Bug

Kaspersky Lab Bug Bounty Program Siapkan Imbalan Rp656 Juta – Sebuah perusahaan teknologi, memang yang namanya celah keamanan pasti selalu ada. Bug dari program-program yang mereka buat pasti bertearan dimana-mana sehingga terkadang pasti ada versi pembaruan atau versi setelah bug tersebut diperbaiki. Untuk melakukan perbaikan bug, biasanya perusahaan juga mengadakan sejenis sayembara, atau program pencarian bug untuk para peneliti keamanan dan akan ada hadiah atau imbalan.

kaspersky lab bug bounty program siapkan imbalan rp656 juta

Seperti halnya dengan perusahaan-perusahaan teknologi semisal Silicon Valley, Kaspersky Lab juga menggelar program bug bounty atau program dimana peserta harus mencari celah keamanan dengan imbalan uang hingga ratusan juta rupiah.

Program yang diberi nama Kaspersky Lab Bug Bounty Program tersebut sebelumnya diumumkan dalam ajang konferensi sekuriti Black Hat di Las Vegas, AS, minggu lalu. Informasi tersebut sepeeti dilaporkan KompasTekno, Sabtu (13/08/2016).

Keterangan tertulis durangkum dari sumber tersebut menyebutkan bahwa hadiah yang ditawarkan bagi penemu bug keamanan dalam software tersebut adalah mencapai 50.000 dollar AS atau sekitar Rp 656 juta.

Rupanya Kaspersky tak tanggung-tanggung menyediakan hadiah atau imbalan dengan jumlah besar.

Dalam kesempatannya Nikita Shvetsov, selaku CTO Kaspersky Lab mengatakan “Program ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam memperkuat langkah-langkah mitigasi internal dan eksternal yang digunakan saat ini sehingga dapat terus meningkatkan ketahanan dari produk perusahaan,” Ungkapnya.

Kaspersky Lab Bug Bounty ini sendiri akan berlangsung selama dalam kurun waktu 6 bulan dan dimulai pada 2 Agustus 2016. Untuk program ini, para peneliti keamanan yang ikut serta dipersilakan membedah dua produk software andalan Kaspersky, yakni Kaspersky Internet Security dan Kaspersky Endpoint Security.

Kedua produk di atas merupakan program sekuriti yang masing-masing ditujukan untuk konsumen rumahan dan kalangan perusahaan. Untuk itu, segala celah keamanan harus ditanggulangi agar nantinya tidak ada pengguna yang kebobolan.

Setelah nantinya ditemukan adanya bug, Kaspersky kemudian akan mengevaluasi bug yang ditemukan oleh para peserta untuk menentukan besar imbalan yang akan diberikan. Dari dana yang disediakan, nantinya bisa saja akan ada beberapa orang yang mendapatkannya mengingat jumlahnya akan disesuakan dengan seberapa riskan celah keamanan yang ditemukan. Baca juga Google Mengadakan Sayembara Penemu Bug pada Cromebooknya dan Hadiah Rp 1,3 Miliar Siap Diberikan bagi Penemu Bug di Windows 10

Top