Jual Saham Rp1,25 T Zuckerburg Kucurkan Dana Untuk Lembaga Sosial

CEO Facebook Jual Saham Untuk Amal – Siapa yang tak mengenal Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus CEO Facebook, yang namanya kini telah terkenal di seluruh dunia. Tokoh yang terkenal sebagai sosok sederhana ini, kembali menunjukkan komitmennya sebagai seorang filantropi. Kabarnya ia baru saja mengucurkan dana sebesar 95 juta dollar AS atau setara Rp 1,25 triliun untuk Chan Zuckerberg Initiative.

ceo facebook jual saham untuk amal
Chan Zuckerberg Initiative ini sendiri, merupakan lembaga sosial yang dibuat oleh CEO Facebook bersama sang istri dan berfokus pada pengembangan potensi generasi muda. Mereka juga mempromosikan kesetaraan hak bagi semua anak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun melalui KompasTekno, Selasa (23/8/2016) dari CNNMoney mengatakan bahwa meski termasuk kegiatan amal, perlu digarisbawahi bahwa Chan Zuckerberg Initiative bukanlah lembaga non-profit. Lembaga semi korporasi itu punya manajemen bisnis dan berbentuk perseroan terbatas.

Untuk itu, gelontoran dana hasil jual saham yang dilakukan oleh CEO Facebook tersebut bisa dikatakan sebagai investasi. Jika digambarklan bagaimana konsep bisnis di dalamnya, ada penanaman dan transaksi jual beli saham di dalamnya. Hanya saja, misi utama lembaga tersebut dikatakan untuk kesejahteraan generasi mendatang.

Dana sebesar 95 juta dollar AS itu pun tak langsung diberi tunai oleh Zuckerberg. Sebelumnya dikatakan bahw adana tersebut awalnya berbentuk saham Facebook pribadi Zuckerberg yang ia alokasikan untuk Chan Zuckerberg Initiative pada Desember 2015 lalu. Kemudian melihat perkembangan saham yang positif, lembaga itu kemudian menjual sebanyak 767.905 lembar saham Facebook yang mereka punya pada pekan lalu. Menurut dokumen di Securities and Exchange Commission, hasil penjualan saham itu senilai 95 juta dollar AS.

Selain itu, hal ini merupakan kucuran dana pertama yang diterima Chan Zuckerberg Initiative. Setelah ini, Zuckerberg berkomitmen untuk mentransfer saham yang bisa dijual hingga 1 miliar dollar AS (Rp 13 triliun) tiap tahunnya selama tiga tahun ke depan.

Tindakan Zuckerberg ini mengundang banyak komentar, ada yang memujinya namun tak jarang pula yang mencibir karena Chan Zuckerberg Initiative masih memiliki unsur bisnis. Mereka curiga Zuckerberg menjadikan lembaga sosialnya sebagai tameng untuk keamanan bisnisnya sendiri. Baca juga Laboratorium Facebook Seluas Lapangan Bola dan Iklan di Facebook Anti-Adblock

Top