Iran! Negara Pertama yang Tolak “Pokemon Go”

Lembaga Pemerintah Iran Larang Warganya Bermain Pokemon Go – Seperti diketahui, saat ini game Pokemon Go menjadi permainan yang populer dan meraup untung terbesar meskipun belum lama diluncurkan. Hampir di semua negara, game ini menjadi primadona dan dimanikan oleh pengguna. Namun, rupanya ada satu negara yang melarang warganya untuk memainkan Pokemon Go. Apa alasannya?

lembaga pemerintah iran larang warganya bermain pokemon go

Adalah Iran, negara yang melarang keras warganya ikut-ikutan bermain Pokemon Go. Alasannya, teknologi pemetaan dan augmented reality (AR) yang digunakan oleh game mobile Pokemon Go ini akan menimbulkan kekhawatiran terkait soal kemanan rahasia negara. Untuk alasan inilah otoritas di Iran pada minggu lalu telah mengambil langkah dan dengan tegas memutuskan melarang adanya permainan Pokemon Go di negaranya. Informasi tersebur seperti yang dirangkum dari BBC melalui KompasTekno, Senin (08/08/2016).

Peraturan tersebut telah diputuskan oleh High Council of Virtual Spaces, yang merupakan lembaga pemerintah Iran yang bertugas mengawasi aktivitas online warganya.

separator

Dengan keputusan tersebut, artinya Iran telah menjadi negara pertama di dunia yang secara resmi memberlakukan aturan bagi warganya untuk tidak memainkan game Pokemon Go. Dalam hal ini, memang tidak dijelaskan secara resmi terkait isu keamanan yang akan terganggu akibat teknologi AR tersebut.

Pemerintah Iran bahkan dilaporkan telah menghubungi pihak pembuat game tersebut, sebelum pada akhirnya memutuskan untuk mengeluarkan fatwa larangannya.

Setiap negara memang memiliki hak atas kebijakannya masing-masing. Untuk itu bukan masalah jika Iran memang secara tegas memberlakukan aturan tersebut.

Sebetulnya, kekhawatiran soal Pokemon Go yang akan berpotensi membocorkan informasi sensitif juga muncul di negara lain selain Iran, termasuk juga di Indonesia. Dalam hal ini, beberapa waktu lalu kepala BIN, Sutiyoso sempat menganggap game ini dapat mengancam keamanan negara. Lalu, akankah Indonesia juga akan memberlakukan aturan yang tegas?

Bulan lalu, juga dilaporkan bahwa Kepala Polri Jendral (Po), Tito Karnavian melarang anggota polisi bermain Pokemon Go saat sedang bertugas.

Bahkan, kasus lain seorang warga negara asal Perancis sempat diamankan anggota TNI di Cirebon karena masuk tanpa izin ke markas militer demi mencari Pokemon.

Kendati demikian, pendapat lain diutarakan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara yang telah menyatakan bahwa Pokemon Go sebetulnya tidak berbahaya. Pasalnya, Rudiantara telah meminta Google untuk tidak mencantumkan peta berisi obyek vital nasional pada lokasi pencarian Pokemon tersebut. Baca juga Pokemon Go merasuki Affonso dan Bot Berjalan Efektif, Niantic Ajukan Ultimatum

Top