iPhone Bakal Dilengkapi Fitur Anti-Maling

Apple Baru Saja Publikasikan Paten Teknologi Anti-Maling Untuk iPhone – Semakin canggihnya sebuah perangkat, pastinya akan menjadi incaran pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan untuk dirinya-sendiri, alias maling. Seperti biasa, pengembang teknologi sekelas Apple, pasti akan berupaya mengembangkan teknologi untuk mengatasi kekhawatiran tersebut. Nah, kini Apple dikabarkan tengah mengembangkan teknologi anti-maling yang bisa merekam sidik jari sekaligus memotret sang pencuri ponsel. Tentu saja, teknologi ini bakal menjadi salah satu yang membuat nyali para maling semakin menciut. Teknologi ini telah resmi dipatenkan dan baru saja dipublikasikan.

apple baru saja publikasikan paten teknologi anti maling untuk iphone

Secara konsep, nantinya proses perekaman identitas akan terjadi pada saat pencuri memicu sistem keamanan untuk bekerja. Pemicu yang dimaksud adalah, antara lain berupa akses tanpa izin melalui alat tertentu ataupun akses yang dipaksakan dengan cara membongkar fitur keamanan. Dalam hal ini, sistem keamanan kemudian secara otomatis akan bekerja merekam sidik jari siapapun yang memegang iPhone atau iPad yang dicuri tersebut. Selain itu, wajah pelaku juga akan secara otomatis akan dipotret.

Berdasarkan infromasi The Verge yang dirangkum dari KompasTekno, Senin (29/08/2016) tertulis bahwa dalam paten disbeutkan bahwa teknologi keamanan ini antara lain akan bisa merekam satu atau beberapa sidik jadi, foto, video, hingga suara di sekeliling pencuri.

Dalam abstrak paten teknologi tersebut juga tertulis, “Data biometrik (seperti sidik jari) selanjutnya akan disimpan dan bisa dibuka untuk identifikasi.”

Di lain sisi, memang untuk hal ini masih mengalami kendala teknis. Kendala tersebut antara lain adalah berupa Touch ID yang dikatakan masih kurang sensitif dan membutuhkan beberapa kali sentuhan hanya agar bisa membaca sidik jari. Artinya, untuk gesture masih kurang responsif dalam menangkap sidik jari yang menempel pada perangkat.

Apple sendiri juga disebut-sebut bakal mengaplikasikan teknologi anti-maling ini pada perangkat iPhone dan iPad pada produk di generasi mendatang. Saat hal tersebut nantinya direalisasikan, maka kendala terkait sensitivitas pada Touch ID dipastikan sudah terselesaikan, jadi penggunaan fitur tersebut akan lebih maksimal dalam menangkap maling ponsel. Baca juga Windows 10 Anniversary Goda dengan Fitur Hello dan Apple Persiapkan Perangkat dengan Fitur Night Shift

Top