Ini Dia SSD Kapasitas Terbesar Dari Samsung

Masa Depan SSD Jumbo Semakin Cerah – Hadirnya Solid State Drive (SSD) pada dunia digital memang menjadi suatu sensasi tersendiri. Pasalnya, dengan konsep yang mirip-mirip dengan flash drive, SSD diacu untuk mempu menggantikan posisi hard disk yang menggunakan sebuah piringan cakram sebagai media simpannya. Tentu dari segi teknologi, perangkat SSD lebih minim risiko kehilangan data akibat tindakan-tindakan fisik karena teknologi simpannya sudah tak banyak melibatkan pergerakan fisik. Hal inilah yang membuat SSD memiliki masa depan yang terbilang cerah.

ini dia ssd kapasitas terbesar dari samsung

Sayangnya, sebagaimana teknologi baru, belum maksimalnya SSD menggantikan Hard Disk terlihat dari segi kapasitasnya. Hal ini terbilang wajar apabila mengingat kisah Flash Drive terdahulu yang memiliki kapasitas mini dengan harga selangit. Namun, keterbatasan bagi manusia adalah jalan untuk menciptakan sesuatu untuk lebih sempurna. Hal inilah yang nampaknya mendorong Samsung untuk memberikan pilihan lebih baik SSD berkapasitas Gajah.

Dilansir dari Kompas (3/8/2016), Samsung telah mempersiapkan SSD dengan kode PM 1633a. SSD ini diklaim memiliki kapasitas penyimpanan hingga 15,56 terabyte. Tentu saja kapasitas penyimpanan ini terbilang Gajah ketimbang SSD yang sudah-sudah. Pasalnya, jika mengingat SSD Gajah sebelumnya, tersebutlah Seagate Barracuda Pro yang menjadi andalan. Kapasitas produk Seagate tersebut ternyata hanya memiliki kapasitas hingga 10 terabyte yang tentunya masih jauh di bawah SSD Samsung terbaru tersebut.

separator

Tentunya, dengan kapasitas Jumbo tersebut, harga SSD Samsung yang satu ini juga akan melambung tinggi. Masih dari sumber yang sama, SSD buatan Samsung ini akan dibanderol pada angka 10.000 dollar AS atau lebih dari Rp 130 juta per unitnya. Tentu saja bukan sebuah angka yang wajar untuk dibeli oleh konsumen rumahan. Walaupun demikian, harga tersebut memang diacu untuk konsumen pasarnya yang berada pada kelas pengusaha IT untuk ditempatkan sebagai data center.

Jika melihat kegunaannya, SSD ini diklaim mampu mengisi sebuah server storage rack 42U standar hingga mencapai 1.000 unit banyaknya. Alhasil, sebuah server standar tersebut akan mampu menampung data digital lebih dari 15 petabyte. Sebuah angka yang menakjubkan untuk teknologi manusia saat ini. Baca juga Samsung Buat SSD 1 Gram Saja dan Intel dan Micron Perkenalkan 3D XPoint.

Top