Ini Dia Celah Keamanan Samsung Pay

Keamanan Transaksi Via Samsung Pay Diragukan – Perkembangan peradaban manusia saat ini menuntut segala hal dapat dilaksanakan secara cepat. Pasalnya bagi manusia modern, waktu adalah sesuatu yang tak dapat disia-siakan. Hal ini tentunya didorong dan didukung sekaligus oleh para pengembang teknologi baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunak sekalipun.

ini dia celah keamanan samsung pay

Jika mengadopsi kebutuhan manusia saat ini, nampaknya transaksi jual beli merupakan hal yang wajib dilakukan oleh manusia modern setiap hari. Kolaborasi perkembangan peradaban dan kebutuhan akan transaksi keuangan akhirnya menuntut metode transaksi yang memiliki proses singkat. hal ini yang menuntut para pengembang teknologi untuk membuat suatu konsep transaksi keuangan yang lebih cepat tersebut.

Samsung, sebagai pemain penting dalam pasar teknologi komunikasi tak tinggal diam. Pihaknya sendiri memiliki solusi transaksi yang cepat melalui aplikasi yang dibuatnya dengan branding Samsung Pay. Tentu, sebagai aplikasi yang melibatkan transaksi keuangan, Samsung Pay harus dijamin aman dari segala aspek yang mengacaukannya. Sayangnya, kalli ini Samsung Pay diberitakan tidak demikian.

Dilansir dari Okezone (9/8/2016), Samsung Pay dilaporkan memiliki celah keamanan. Celah ini ditemukan oleh Peneliti keamanan Salvador Mendoza. Menurutnya, celah keamanan tersebut berasal dari mekanisme kinerja Samsung Pay sendiri. Pasalnya setiap kali bertransaksi, Samsung Pay akan menciptakan sebuah token yang berfungsi sebagai pengganti informasi credential atas kartu kredit. Harapannya, token tersebut dapat melindungi informasi rahasia tersebut dari peretas ketika transaksi sedang dilangsungkan.

Nyatanya, menurut Salvador, proses pembuatan token tersebut semakin lama semakin lemah. Kelemahan ini menurut Salvador mampu membuat hacker dapat memrediksi token berikutnya yang dibuat oleh Samsung Pay dan kemudian menggunakannya sebagai bahan dasar mengeksploitasi data rahasia atas kartu kredit.

Masih dilansir dari sumber yang sama, Salvador menyatakan bahwa dirinya sudah membuktikan teknik tersebut. Alhasil, dirinya sudah mampu memlasukan token tersebut lantaran berhasil mengeksploitasi celah keamanan dimaksud. Menariknya, hingga saat ini Samsung masih percaya diri dengan keamanan Samsung Pay yang mereka buat dan berjanji akan langsung mengambil sikap apabila ditemukan masalah yang membahayakan aplikasi mereka. Baca juga Samsung Pay Sukses Singkirkan Apple Pay dan Tahun Depan China Menjadi Medan Pertarungan Apple Pay Vs Samsung Pay.

Top