Helio X30 Chipset Kelas Atas Dari MediaTek

Helio X30 mempu merekam video dengan frame rate 60 FPS – MediaTek pabrik dari China membuat chip gadget, awal pekan ini memperkenalkan prosesor kelas atas terbarunya yang bernama Helio X30. Seperti dua chip sebelumnya Helio X20 dan Helio X25, kini hadir Helio X30 diperkuat 10 inti CPU dengan arsitektur tri- cluster dan dibuat dengan proses fabrikasi 10nm FinFET.

helio x30 mempu merekam video dengan frame rate 60 fps

 

Kehadiran chipset ini benar-benar akan menjadi Snapdragon killer. MediaTek sendiri sebelumnya sudah menawarkan kinerja terbaik chipsetnya dengan mengusung sebuah chipset bernama MediaTek X20 deca-core yang memiliki kemampuan sedikit lebih rendah dari X30 ini.

Empat dari sepuluh inti CPU dalam Helio X30 merupakan core Cortex A-73 2,8 GHz untuk menangani tugas berat. Pengelola grafis yang dibenamkan dalam Helio X30 adalah powerVR 7XT yang memiliki 4 CPU. Kinerja grafis chip ini dioptimalkan untuk mengelola aneka aplikasi VR di gadget mobile. Sementara itu MediaTek memberikan teknologi manufaktur 16nm FinFETchipset MediaTek Helio X30 ini. Teknologi ini ternyata sudah selangkah di belakang Samsung Exynos yang menggunakan teknologi 14nm FinFET.

Tidak hanya itu saja ada juga dukungan dari RAM LPDDR4 POP 1.600 MHz hingga 8GB, model LTE Cat. 12 dengan three carrier agregation, serta dukungan resolusi foto dan video masing- masing hingga 40 megapiksel dan 24 megapiksel. Heli X30 juga mampu merekan video dengan frame rate 60 FPS dengan kamera 16 megapiksel, sementara kamera 8 megapiksel bisa merekam frame rate hingga 120 FPS.

Sebagai chop-end, Helio X30 digadang- gadangkan akan menjado otak smartphone kelas atas. Tati konsumen harus sabar menunggu karena harus menunggu setahun lagi sebelum prodak pertama yang mengusung chip ini muncul di pasaran. Smartphone dengan chip Helio X30 diperkirakan baru akan muncul da dijual pada paruh kedua tahun 2017 mendatang. Baca juga Xiaomi Bakal Hadirkan Power Bank Berkapasitas Mencapai 20.000 mAh dan MediaTek Berbasis Android KitKat Rentan Terjangkit Malware

Top