Exynos Ke Depan Capai 4 GHz

Chipset Exynos Jadi yang Tercepat – Persaingan dalam bidang pengembangan telepon pintar sudah sampai pada titik yang mengagumkan. Pasalnya, jika sebelumnya persaingan hanya terkait sisi komponen yang digunakan dalam merakit, saat ini para pemain-pemain besar sedang berusaha membuat komponen itu sendiri. Sebut saja Samsung yang tengah berkutat pada chipset Exynos-nya. Bahkan bisa dibilang, kelas Exynos tersebut masuk dalam kelas premium dari chipset yang ada.

exynos ke depan capai 4 ghz

Merasa bisa bersaing dengan pilihan chipset dari pabrikan lain semacam Qualcomm yang sudah lebih dahulu terkenal tak membuat Samsung gentar. Pasalnya, walaupun baru belakangan terdengar, Exynos memang mulai mengeksis pada beberapa varian premium dalam produk Samsung. Hal ini tentu memberikan sinyal kuat bahwa penetrasi chipset buatan Samsung ini memang diusung untuk menyangi Snapdragon dalam pasar yang sama.

Kali ini, dilansir dari Kompas (12/8/2016), Samsung malah dikabarkan akan segera menyalip eksistensi Snapdragon. pasalnya, Samsung dikabarkan akan membuat chipset Exynos memiliki CPU terkuat di angka 4 GHz. Jika merujuk pada clock-rate tersebut, dapat dipastikan Samsung Exynos kali ini akan lebih kkuat dibandingkan Chipset Snapdragon 830 yang terbaru saat ini.

separator

Menariknya, chipset Exynos kali ini akan diberikan kode 8895 dan akan menggunakan teknologi arsitektur standar di 10nm. Arsitektur tersebut akan memuat konsep Cortex A35 yang memang sudah biasa digunakan dalam pembuatan chipset saat ini. Jika dilihat dari teknik pembuatannya, bisa dibilang Samsung Exynoss tersebut merupakan chipset tercepat di kelasnya saat ini.

Sayangnya, jika merujuk pada chipset Qualcomm Snapdragon 830 yang sempat mengalami overheating, Exynos dicurigai juga akan memiliki masalah yang sama. Pasalnya, dengan clock-rate 4 GHz pada Exynos dapat dipastikan punya beban konerja yang lebih berat dibandingkan Snapdragon 830 yang memiliki clock rate 3.6 GHz. Untuk itu, beberapa spekulan menyatakan bahwa clock-rate Exynos tak akan dipertahankan pada rate 4 GHz secara default.

Namun, dengan adanya maksimum clock-rate tersebut biasanya pengguna akan melakukan overclock CPU demi mendapatkan performa yang lebih baik. Walaupun demikian, proses overclock sendiri memiliki risiko kerusakan permanen pada chip bersangkutan. Baca juga Indonesia Kebagian S7 Chipset Exynos, Ini Alasannya dan Chipset Exynos 8870 Dirancang Samsung Khusus untuk Klien Pihak Ketiga?

Top