CDMA Ditunggu Habisnya

Pengguna CDMA Diharapkan Pindah – Jika melihat sejarah, dua aliran frekuensi besar dalam dunia telepon seluler dipegang oleh GSM dan CDMA. Menariknya, perkembangan ke depan memang membuktikan bahwa GSM masih lebih unggul dalam hal jumlah pelanggan ketimbang CDMA. Padahal, jika berkaca pada kondisi di Indonesia, CDMA sendiri bisa dibilang memiliki biaya penggunaan yang lebih murah ketimbang GSM. Namun parahnya, kepopuleran GSM di atas CDMA memang bisa dibilang menjadi salah satu penyebab CDMA mati perlahan di tanah air.

cdma ditunggu habisnya

Tentu dalam kondisi yang semacam ini, perusahaan telekomunikasi yang bergantung pada jaringan  CDMA kudu memutar otak. Salah satu perusahaan tersebut adalah Smartfren. Kendati masih banyak perusahaan sejenis di tanah air, namun bisa dibilang Smartfren yang masih senantiasa hadir dengan kuatnya sebagai operator seluler berbasis koneksi CDMA.

Sayangnya beberapa tahun belakangan, jargon 4G bahkan 4G VoLTE lebih dikedepankan Smartfren ketimbang CDMA. Hal ini tentui membuat cemas para pengguna Smartfren yang berbasis CDMA di seluruh penjuru tanah air. Menariknya, dilansir dari Okezone (10/8/2016), Smartfren menyatakan diri masih akan tetap mendukung fasilitas CDMA hingga penggunanya tak ada lagi.

Menurutnya, utnuk memaksakan 10 juta pengguna SMartfren CDMA untuk beralih ke 4G adalah suatu hal yang sulit. Hal ini kemudian tetap disiasati dengan pemberian layanan CDMA sembari tetap mengkampanyekan mengenai kehebatan 4G yang dimiliki Smartfren. Namun, Smartfren sendiri optimis bahwa ke depannya pengguna mereka akan mau secara sadar berpindah ke perangkat 4G.

Hal ini menurut mereka akan berlangsung secara ilmiah. Pasalnya, kesadaran untuk menggunakan perangkat 4G akan dilakukan lantaran lingkungan komunikasi seluler saat ini sudah mengedepankan jaringan 4G. Jika dalam suatu komunitas sudah beralih semua ke 4G, maka tak ada alasan lagi bagi pelanggan untuk tetap berada di jalur CDMA.

Walaupun 4G menawarkan banyak kelebihan dibandingkan CDMA, namun Smartfren tetap tak mau memaksakan kehendak mereka. Hal yang pasti, kanal CDMA akan tetap dipertahankan hingga para penggunanya beralih ke 4G. Tentu hal ini menjadi hal yang menenangkan para pengguna Smartfren yang memang setia pada kanal CDMA. Baca juga Upgrade kemampuan MiFi dengan fitur telepon dan SMS dan Smartphone galaxy J1 versi ACE VE dari Samsung.

Top