Blackberry Hub Hadir Di Android

Lagi, Blackberry Masukkan Aplikasinya Ke Android – Beberapa tahun yang lalu, rasa eksklusif yang ditawarkan oleh Blackberry terbilang sangat luar biasa. Pasalnya, Blackbeery mampu menghipnotis para penggunanya untuk setia menggunakan perangkatnya atas nama komunitas terbatas. Komunitas terbatas ini tak lain dengan munculnya PIN khusus yang seolah-olah hanya dimiliki oleh Blackberry. Tak heran, harga jual berbanding spesifikasinya kala itu di luar batas nalar jika dibandingkan dengan perangkat saat ini.

blackberry hub hadir di android

Sayangnya, pamor Blackberry tak berlangsung lama. Setelah Apple menghajar dengan nilai eksklusif yang lebih mewah via iPhone, Blackberry mulai goyah. Akhirnya, ketumbangan Blackberry di pasaran mencapai titik nadir setelah diserang kolaborasi Google dan Samsung via Android OS. Tentu, selain itu masih banyak variabel yang menyebabkan vendor asli Kanada ini tumbang. Namun yang jelas saat ini, pangsa pasar Blackberry sulit untuk menguat ke posisi awalnya.

Setelah kegagalannya dalam membuktikan eksistensinya, akhirnya beberapa tahun yang lalau Blackberry terpaksa melepas aplikasi kesayangannya Blackberry Messenger. Padahal, nilai eksklusif Blackberry bisa dibilang muncul dari aplikasi perpesanan tersebut. Pelepasan tersebut tentu menjadi tonggak sejarah penting untuk menyatakan kekalahan Blackberry dalam mempertahankan modal bisnis eksklusif yang menjadi acuan utamanya.

Menariknya, dilansir dari Kompas (4/8/2016), Blackberry kali ini dikabarkan melepas kembali aplikasi eksklusifnya dengan nama Blackberry Hub. Sebelumnya, aplikasi ini memang hanya tersedia di Blackberry dan nyatanya sekarang sudah dapat digunakan di Android via Blackberry Priv dan Blackberry DTEK50 yang diketahui merupakan perangkat Blackberry yang memilih menggunakan OS Android ketimbang Blackberry OS.

Dari segi fitur, aplikasi Blakberry Hub sebenarnya terbilang biasa saja. Pasalnya, aplikasi ini hanya mengintegrasikan tampilan SMS, WhatsApp, Facebook, Twitter, e-mail, juga kalender, dan panggilan telepon sehingga lebih mudah terlihat. Namun, realitanya aplikasi ini memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Blackberry.

Jika dilihat secara sistem yang dibutuhkan, sebenarnya Blackberry Hub terbaru ini mensyaratkan penggunaan Android OS 6 Marshmallow yang cenderung baru digunakan oleh segelintir pengguna. Namun demikian, Blackberry ditengarai sedang dalam proses untuk membuat aplikasi tersebut dapat berjalan pada OS yang lebih lawas. Baca juga Spesifikasi BlackBerry Rome Terkuak di GeekBench dan Blackberry Priv Bakal Hadir Usung OS Marshmallow.

Top