Apple Pinang “Startup” Kecerdasan Buatan Senilai Rp2,6 Triliun

Apple Akuisisi Perusahaan Teknologi Machine Learning – Nampaknya Apple memang belum merasa puas dengan kemajuan bisnisnya yang kini menjadi nomor dua tingkat dunia. Pasalnya baru saja dikabarkan bahwa perusahaan ini kembali membeli perusahaan startup yang menawarkan teknologi machine learning. Apple baru saja menggelontorkan dana sebesar 200 juta dollar AS atau sekitar Rp2,6 triliun demi mengakuisisi perusahaan bernama Turi tersebut.

apple akuisisi perusahaan teknologi machine learning

Turi sendiri merupakan perusahaan asal Seattle yang mengkhususkan dirinya  dalam melakukan pengembangan teknologi kecerdasan buatan. Untuk spesialisasinya sendiri, Turi fokus pada teknologi machine learning, yaitu kecerdasan buatan yang akan membuat komputer mampu mengenali dan juga mempelajari suatu pola menggunakan data.

Seperti informasi yang dilaporkan The Verge dan dirangkum melalui KompasTekno, Selasa (09/08/2016) mengatakan bahwa Apple akan menggunakan teknologi milik Turi ini untuk memudahkan para ahli pemrograman dalam mengukur skala aplikasi pada machine learning.

separator

Dalam hal ini, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi setelah adanya akuisisi ini. Yang pertama, Apple akan merilis teknologi tersebut untuk perusahaan lain di masa yang akan datang. Dan kemungkinan yang kedua adalah, Apple akan menggunakan teknologi milik Turi ini untuk dirinya sendiri, bisa saja digunakan pada Siri ataupun aplikasi asisten virtual lain yang bisa saja bakal dikembangkan oleh Apple.

Namun, ada satu hal yang perlu diingat adalah selama beberapa waktu ke belakang, Apple terlihat begitu rajin mengakuisisi perusahaan-perusahaan startup yang memiliki spesialisasi di bidang kecerdasan buatan. Tindakan tersebut, diindikasikan menjadi pertanda bahwa perusahaan saat ini tengah mengembangkan sebuah aplikasi dan juga layanan yang lebih cerdas dibandingkan yang ada saat ini.

Memang banyak yang menduga bahwa Apple tengah mempersiapkan sebuah teknologi yang menakjubkan. Hanya saja, masih belum ada konfirmasi secara resmi dari perusahaan terkait dugaan tersebut. Mungkin saja akan menjadi kejutan di waktu yang akan datang.

Sebagai infromasi, sebelum meminang Turi, Apple juga diketahui telah membeli startup machine learning lainnya, yaitu VocallQ, Emotient serta Perceptio. Jadi ditambah Turi, telah ada empat startup kecerdasan buatan yang dibelinya. Baca juga Apple Persiapkan Perangkat dengan Fitur Night Shift dan Apple Dituduh Jiplak Sensor Jarak

 

Top