Android Nexus Kini Bakal Dilengkapi Penghemat Kuota Data

Wi-Fi Assitant, Fitur Baru Pada Nexus Untuk Mengehemat Penggunaan Data – Pengembang teknologi atau yang sering disebut developer kini memang semakin pintar. Pasalnya, saat ini telah marak aplikasi yang boros terhadap penggunaan paket data. Seperti misalnya aplikasi berbasis video. Terkadang, tanpa disadari aplikasi tersebut terlihat menyenangkan hingga lupa bahwa kuota data kita sedang disedot habis-habisan. Nah, untuk mengatasi hal itu, Google dikabarkan bakal meluncurkan fitur terbaru bertajuk “WiFi Assistant” untuk para pengguna smartphone Android Nexus.

wifi assitant fitur baru pada nexus untuk mengehemat penggunaan data

Fitur yang dikatakan sebagai penghemat konsumesi paket data ini awalnya memang merupakan project Fi milik Google yang bertujuan untuk emnghadirkan internet murah untuk beberapa kawasan tertentu. Selain itu, awalnya WiFi Assistant ini sendiri hanya fitur eksklusif bagi pengguna jaringan Project Fi.

Namun, akibat adanya tuntutan penghematan data yang semakin tinggi, akhirnya Google menghadirkan WiFi Assistant untuk seluruh pengguna Nexus. Google sendiri menjanjikan akan segera memboyong fitur tersebut secara perlahan hinggan menjangkau seluruh pengguna Nexus di dunia.

separator

Mekanisme dari WiFi Assitant ini sendiri, sebetulnya sangat sederhana, WiFi Assistant akan memberi notifikasi setiap kali pengguna berada dalam cakupan area WiFi. Nah, dengan begitu pengguna akan bisa beralih menggunakan koneksi WiFi publik yang ada secara otomatis. Dengan demikian, pemakaian kuota data dari operator selular akan bisa ditekan. Pasalnya, saat ini hampir di semua tempat atau fasilitas umum sudah terpasang WiFi gratis sehingga ini akan memudahkan.

Seperti infromasi yang dikutip dari KompasTekno, Sabtu (27/08/2016) dalam blog resmi Google telah diposting ungkapan, “Jaga koneksi Anda berkecepatan tetap, tapi tagihan data murah.”

Hanya saja, meski dikatakan sudah gembar-gembor melalui blog resminya, namun Google sendiri masih enggan membocorkan kapan fitur ini diluncurkan bagi pengguna Nexus. Raksasa perusahaan teknologi ini hanya berjanji akan merilisnya dalam bentuk versi update OS pada perangkat Nexus dalam waktu beberapa minggu ke depan.

Untuk langkah awal, kabarnya WiFi Assistant akan tersedia di beberapa negara meliputi Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Inggris. Masih belum jelas kapan fitur ini akan rilis untuk pengguna Nexus Indonesia. Baca juga Google Bakal Pensiunkan Aplikasi Chrome Mulai Akhir 2016 dan Google Kirim Para Petingginya Ke Indonesia

Top