Ada Android Marshmallow di Nokia Lumia?

Nokia Lumia 525 Bisa Jalankan Android Marshmallow, Bagaimana Caranya? – Seperti kita ketahui, beberapa perusahaan teknologi ternama dunia seperti Apple, Google juga Microsoft sama-sama telah memiliki perangkat janis smartphone yang masing-masing menjalankan sistem operasi buatannya. Seperti misalnya ponsel buatan Google yaitu Nexus yang menjalankan OS Android, lalu iPhone menjalankan iOS buatan Apple dan yang berikutnya adalah Microsoft dengan produknya Lumia yang tentu saja menjalankan paltform Windows Phone. Lalu, yang unik adalah saat menjumpai Android Marshmallow berjalan di ponsel Nokia Lumia 525. Kok bisa? Padahal Nokia Lumia 525 termasuk produk lama.

nokia lumia 525 bisa jalankan android marshmallow bagaimana caranya

Bukan dengan menjalin kemitraan antar dua perusahaan tersebut, namun hadirnya OS Android Marsmallow di ponsel Nokia Lumia 525 ini adalah berkat tangan kreatif seorang developer bernama Triszka Balasz yang telah berhasil mengoprek ponsel Lumia 525 untuk bisa menjalankan sistem operasi Android v6.0 Marshmallow yang sebetulnya ponsel ini hanya akan bisa menjalankan OS Windows Phone saja.

Untuk mengoprek Lumia 525 ini, Triszka memasang ROM modifikasi CyanogenMod 13 pada Lumia 525. Rupanya ROM tersebut bisa dijalankan dengan lancar. Meski demikian, program yang ada pada modifikasi tersebut masih meninggalkan beberapa masalah untuk bagian fitur-fitur pendukungnya.

separator

Seperti informasi yang dolansir Phone Arena melalui Okezone, Selasa (23/08/2016) tertulis bahwa beberapa fitur seperti wifi dan juga modem tidak bisa difungsikan saat melakukan uji coba. Selain itu, untuk tingkat presisi sentuhannya juga sedikit berkurang pada saat pengoperasian.

Lumia 525 dengan OS Android Marsmallow ini juga melakukan pengujian dengan menggunakan benchmark AnTuTu. Namun, dari video yang ditampilkan tidak begitu terbaca seperti apa skor yang diperoleh smartphone Nokia Lumai 525 Android ini.

Meski demikian, sang developer sendiri masih berencana untuk menyediakan ROM modifikasi tersebut tidak hanya untuk Lumia 525 saja. Kabarnya, ROM CyanogenMod 13 juga akan dihadirkan dan bisa dijalankan pada smartphone Windows Phone lainnya, misal seperti Lumia 950.

Jika benar terjadi, nantinya akan ada lebih banyak ponsel Windows Phone yang akan bisa menjalankan sistem operasi Android. Pastinya ponsel-ponsel ini nantinya akan terlihat lebih unik meski terbilang ribet untuk mewujudkannya. Baca juga Samsung Dikabarkan Pede Jual Ponsel Bekas dan Huawei Honor 8 Tampil Serba Mengkilap Seperti Galaxy S7

Top