YunOS Raih 70 Juta Pengguna, Android dan iOS Terancam?

YunOS Ancam Android dan IOS – Belum lama ini, perusahaan raksasa e-commerce asal Tiongkok, Alibaba memberikan pernyataan bahwa operasi system YunOS garapannya hingga saat ini telah mencapai 70 juta pengguna hingga akhir Mei 2016 lalu. Hal ini tentunya telah menyalip iOS dalam pengiriman smartphone di China pada kuartal pertama.

yunos ancam android dan Ios

Hal tersebut juga ditegaskan oleh Wu Yupeng selaku Vice President pada ajang Mobile World Congres di Shanghai China pada Rabu kemarin. Dalam ajang pagelaran tersebut, ia telah mengemukakan bahwa sistem operasi YunOS tumbuh hingga 700% pada 2015 dan menjadi sistem operasi terbanyak ke 3 setlah Android dan iOS.

Berdasarkan data yang dikutip dari GB Times pada Jumat (1/7/2016), dikatakan bahwa selama kuartal pertama di tahun 2016 ini, pangsa pasar sistem operasi YunOS untuk pengiriman smartphone di China telah mencapai lebih dari 16% di mana sisanya ditempati oleh iOS. Selain itu, informasi yang diperoleh juga mengatakan bahwa antara bulan Januari hingga Maret terdapat 17 juta smartphone yang dikirimkan telah menjalankan sistem operasi YunOS termasuk dari perangkat domestik yaitu Duowei dan Meizu. Bahkan, Wu sendiri juga menegaskan bahwa Alibaba sendiri akan bertuujuan untuk semakin menambah jumlah penggunanya hingga mencapai 100 juta pada akhir tahun 2016 ini.

Hal tersebut memang dilakukan dan ditujukan untuk memperoleh pangsa pasar 20% hingga 25% di China sebagai pasar terbesar bagi perangkat smartphone. Alibaba sendiri juga saat ini dikabarkan tengah mengembangkan sistem operasi YunOS berdasarkan pada Android Open Source Project di mana pertama kali dirilis pada 2011 silam.

Terkait hal tersebut, untuk mengembangkan penggunaan dari sistem operasi garapannya ini, Alibaba sendiri telah menginvestasikan USD590 juta guna mengakuisisi vendor asal Negeri Tirai Bambu Meizu. Selain samrtphone, YunOS ternyata juga akan menginvansi ke berbagai perngkat lainnya muali dari televisi, jam tangan pintar (smartwatch), AC, dan masih banyak lagi. Tak sampai di situ saja, Alibaba juga diberitakan akansegera merilis mobil pintar (smart car) pada bulan Agustus 2016. Baca juga Android N Bukan Nutella dan Ponsel 3G android termurah di dunia siap dipasarkan.

Top