WhatsApp Ucapkan Perpisahan Pada Blackberry

Bye-Bye Blackberry, Kata WhatsApp – Tragisnya nasib Blackberry bisa dibilang masih lebih mengerikan ketimbang Nokia. Pasalnya, jika nokia memang secara tegas langsung anjlok kemudian terpaksa diambil oleh Microsoft, Blackberry masih saja pede berjuang dalam kesulitannya yang tak habis-habisnya. Meski laporan keuangan Blackberry yang beredar tak berada pada tataran bagus, namun memang tak dapat dipungkiri dari sisi software, Blackberry masih memegang angka yang positif.

whatsapp ucapkan perpisahan pada blackberry

Kali ini, setelah Blackberry telah mendapatkan status ditinggalkan oleh pelanggan lantaran kalah saing dengan iOS dan Android, berita malah datang dari WhatsApp yang secara tragis mengucapkan selamat tinggal kepada Blackberry. Sebagaimana diberitakan melalui Kompas (2/7/2016), WhatsApp memang sudah menyatakan diri tak akan lagi menyupport pengembangan untuk perangkat Blackberry pada Februari yang lalu.

Hal ini tentu semakin menggetirkan nasib Blackberry. Pasalnya, penjualan Blackberry Priv sudah menjadi bukti bahwa merek yang satu ini sudah kehilangan banyak pelanggan setia. Padahal, sebagaimana diketahui, WhatsApp sendiri terbilang termasuk aplikasi instant messenger yang laris manis di masyarakat saat ini. Bahkan bisa dibilang, WhatsApp menjadi alasan kuat mengapa banyak orang beralih ke telepon pintar.

separator

Sebagai informasi, cara pengamanan WhatsApp atas aplikasinya cenderung unik. Pasalnya, dukungan WhatsApp untuk aplikasi lawas sering kali dicabut dan pengguna dipaksa untuk mengganti ke versi yang lebih baru. Hal ini nantinya menjadi hal yang dipastikan akan menyambangi Blackberry karena server WhatsApp akan otomatis menutup kanal perangkat yang menggunakan WhatsApp versi lawas.

Artinya, jika pengguna platform Android yang menggunakan versi lawas dapat segera update untuk mendapatkan versi WhatsApp terbaru, untuk perangkat Blackberry dipastikan penggunanya kan kehilangan akses kecuali berganti ponsel baru. Padahal, dengan mengganti ponsel baru tentu chat history tak akan ikut dengannya. Solusinya adalah dengan menggunakan backup yang sudah ada dan dipindahkan pada ponsel baru.

Payahnya, jika fitur backup otomatis tak dinyalakan oleh pengguna sebelum kehilangan akses, maka dapat dipastikan seluruh percakapan yang telah lalu akan menghilang seiring ucapan selamat tinggal WhatsApp pada Blackberry. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, WhatsApp dikabarkan selalu menyelipkan notif pada pengguna bahwa dirinya akan meninggalkan Blackberry. Sayangnya hingga saat ini belum jelas apakah yang ditinggalkan karena perangkatnya ataukah karena OS Blackberry-nya. Hal ini penting, karena apabila yang ditinggalkan dari sisi perangkat, maka dapat dipastikan nasib perangkat baru Blackberry akan mengalami kondisi yang tragis. Baca juga  Juli Mendatang Blackberry Tampilkan Ponsel Terbarunya dan Pembuktian Eksistensi Blackberry Via Software.

Top