WhatsApp Diblokir Pemerintah Brazil

Masalah Enkripsi WhatsApp Menjadi Penyebab Pemblokiran – Penjagaan privasi dalam era digital ini tentunya menjadi suatu hal yang amat penting. Pasalnya, era digital ini memungkinkan setiap ornag untuk terhubung dalam satu jaring yang sama. Itu artinya, potensi terbongkarnya informasi seseroang dapat saja didapatkan melalui jaring yang tepat, baik disengaja maupun tak disengaja. Untuk itu perlu teknologi yang mumpuni untuk memberikan blok-blok khusus terhadap informasi-informasi yang memang masuk dalam kategori pribadi dan/atau rahasia.

whatsapp diblokir pemerintah brazil

Salah satu model jadul yang diterapkan dalam modernitas adalah enkripsi. Pasalnya, konsep ini akan mengacak informasi tertentu dengan sebuah kunci acak yang hanya diketahui oleh orang-orang yang berhak atas informasi itu saja. Dalam kerangka kekinian, eknkripsi itu secara otomatis dilakukan oleh aplikasi tertentu demi menjaga kerahasiaan penggunanya. Tentunya, salah satu aplikasi tersebut adalah WhatsApp.

Sayangnya, sebagai aplikasi publik, WhatsApp tak bisa mencegah penggunanya merupakan orang baik. Karena tentu terdapat potensi orang jahat akan memanfaatkan fasilitas tersebut sebesar-besarnya. Kali ini kejadian menimpa negara Brazil yang mana WhatsApp digunakan sebagai alat bantu kejahatan. Dilansir dari Okezone (21/7/2016), WhatsApp disebut sebagai emdia komunikasi yang mampu memecahkan kasus kejahatan.

separator

Untuk itu pengadilan memerintahkan Facebook selaku pemilik WhatsApp saat ini untuk memberikan isi percakapan tersebut. Sayangnya Facebook menolah untuk melakukannya. Selain adanya alasan provasi, konsep enkripsi tersebut telah membuat kunci ekstra yang nampaknya membutuhkan kinerja ekstra dari Facebook untuk melihat percakapan tersebut. Hal inilah yang membuat geram pengadilan setempat sehingga kemudian memutuskan untuk menerbitkan perintah pemblokiran Facebook di negara tersebut.

Hal yang melegakan, baru beberapa jam WhatsApp diblokir, Pemerintah setempat akhirnya mencabut kembali blokir tersebut. Hal ini setelah Pengadilan dengan strata lebih tinggi mempertanyakan keputusan pengadilan tingkat bawah atas perintah pemblokiran tersebut. Menurut Pengadilan yang lebih tinggi tersebut, Pengadilan perlu alasan yang lebih tepat dan masuk akal untuk melakukan pemblokiran ini.

Hal tersebut nampaknya memang logis. Pasalnya, saat ini di Brazil terdapat 100 juta pengguna WhatsApp. Tentunya pemlokiran aplikasi ini akan berdampak sangat luar biasa di negara tersebut hanya karena sebuah kasus saja. Baca juga Bye-Bye Blackberry, Kata WhatsApp dan Ponsel Symbian Akan Tak Bisa Gunakan WhatsApp.

Top