Waduh, Chat WhatsApp Recoverable

Diam-Diam, Chat WhatsApp Masih Bisa di Recover – Aplikasi instant messenger tentunya bukan hal yang ajaib di era ini. Pasalnya, setelah sekian lama bercokol di dunia maya, aplikasi ini disebut-sebut merupakan generasi penerus dari konsep komunikasi konvensional via telepon dan SMS. Hal tersebut tentu saja membuat masa depan berbagai perusahaan instant messenger menjadi sangat cerah dan dibutuhkan oleh banyak orang. Sebut saja, saat ini WhatsApp menjadi pionir penting dalam bisnis instant messenger ini.

waduh chat whatsapp recoverable

Sebagai pionir dalam bisnis komunikasi orang banyak, tentunya WhatsApp akan mementingkan segi keamanan yang dapat mereka berikan kepada para pelanggannya. Pasalnya, komunikasi yang disediakan oleh instant messenger menyangkut privasi penggunanya. Bahkan, pada beberapa kasus, tak jarang aplikasi ini akan digunakan untuk menyampaikan data-data penting karena kemudahan yang diberikannya. Untuk itulah, WhatsApp menggunakan teknologi enkripsi end-to-end user untuk melindungi setiap pesan yang dikirimkan melalui aplikasi tersebut.

Dirasa telah aman, nyatanya WhatsApp tak jauh dari kebobolan. Kali ini bukan masalah teknologi enkripsi yang bermasalah. Dilansir dari Okezone (30/7/2016), WhatsApp dinyatakan kebobolan dalam proses penyimpanan backup pesan yang disimpannya. Menurut peneliti iOS Jonathan Zdziarski, WhatsApp senantiasa menyimpan pesan yang dikirimkannya dalam bentuk chat log dalam penyimpanan perangkat bersangkutan.

separator

Hal tersebut tentunya wajar jika digunakan untuk chat-chat yang memang masih aktif. Namun, menurut peneliti tersebut, baik chat yang aktif maupun yang sudah dihapus, WhatsApp masih saja menyimpan file backup tersebut. Hal tersebut tentunya menjadi celah keamanan baru bagi para penggunanya. Pasalnya, pengguna yang sudah emnghapus laman chat-nya pasti berasumsi bahwa percakapannya telah hilang untuk selamanya. Namun ternyata tidak demikian adanya.

Masih berdasarkan sumber yang sama, masalah ini muncul murni karena kode software yang WhatsApp buat. Pasalnya, database WhatsApp tidak otomatis menggantikan data berisi log tersebut dengan data baru ketika chatting dihapus yang berisi kode kosong. Alhasil, setiap orang yang memiliki akses fisik memori internal tersebut, tentu akan mendapatkan file berisi chat-chat tersebut dan tentunya dapat dibaca dengan mudah melalui aplikasi tertentu. Baca juga Masalah Enkripsi WhatsApp Menjadi Penyebab Pemblokiran dan Lagi, WhatsApp Sabet Fitur Telepon Konvensional.

Top