Selangkah Lagi! Huawei Bakal Kalahkan Apple

Berada di Posisi Ketiga Penjualan Smartphone Dunia, Huawei Yakin Bisa Geser Apple di Posisi Kedua – Seperti kita ketahui, Tiongkok merupakan negara dengan vendor smartphone terbanyak di dunia. Selain menjadi negara yang memiliki paling banyak pabrikan gadget, Negeri Tirai Bambu tersebut juga memiliki beberapa vendor kuat yang berhasil menempati posisi lima besar dengan penjualan paling laris di pangsa pasar dunia atau global.

berada di posisi ketiga penjualan smartphone dunia huawei yakin bisa geser apple di posisi kedua

Begitulah yang tergambar setelah melihat hasil laporan bisnis pada kuartal kedua tahun 2016 ini. Laporan yang dilekuarkan oleh firma analis IDC tersebut, seperti yang dirangkum melalui halaman KompasTekno, Sabtu (30/07/2016) menyatakan bahwa diantara lima besar pabrikan gadget terlaris dunia, tiga diantaranya adalah berasal dari pabrikan Tiongkok. Pabrikan tersebut diantaranya adalah Huawei, Oppo dan Vivo. Masing-masing menempati peringkat ketiga, keempat dan kelima.

Melihat perolehan hasil tersebut, analis IDC sendiri memprediksi bahwa Huawei dalam periode berikutnya kemungkinan besar akan bisa menggeser posisi Apple di tempat kedua. Hal tersebut seperti tertulis dari Slashgear yang mengatakan bahwa selangkah lagi Huawei dikatakan akan bisa melengserkan Apple.

separator

Spekulasi tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, telah dua kuartal secara berturut-turut Apple pencatat penurunan penjualan. Untuk periode kuartal kedua, Apple hanya berhasil emnjual sebanyak 40,4 juta unit iPhone. Angka tersebut rupanya dinyatakan mengalami penurunan hingga sebanyak 15 persen dari periode yang sama di tahun 2015 lalu.

Sementara itu, sebagai pesaing yang saat ini paling dikhawatirkan oleh Apple yakni Huawei, vendor asal Tiongkok ini memang masih menjual produknya dalam jumlah yang lebih rendah yaitu sebanyak 32,1 juta unit smartphone terhitung dari periode tiga bulan April-Juli 2016. Namun, kendati demikian, jumlah penjualan tersebut rupanyaemgalami kenaikan sebesar 8,4 persen dari penjualannya di kuartal kedua tahun 2015.

Kini, Huawei telah menjadi produsen dengan market share terbesar di negara asalnya. Nah, perlahan pabrikan ini bakal semakin termotivasi untuk semakin meningkatkan kekuatannya di Eropa dan Amerika Serikat melalui produk atas kolaborasinya dengan Google yaitu Nexus terbaru, yaitu Nexus 6P.

Jika serangan peningkatan ekspansi tersebut berjalan lancar dan terbentuk inovasi baru bagi pasar, maka para analis yakin bahwa Huawei akan bisa melenggang dengan mudah melengserkan Apple dari posisi kedua tingkat dunia untuk periode-periode mendatang. Baca juga Laporan keuangan samsung untuk kuartal kedua 2016 dan Pihak Xiaomi mengatakan model Mi Notebook Air dengan bentang layar hanya 13,3 inci

Top