Pokemon Go Disusupi Virus?

DroidJack Masuk Pokemon Go – Game teranyar yang membangkitkan sensasi nostalgia via augmented reality ternayta dipenuhi berbagai isu masalah yang kurang mengasyikkan. Pasalnya, setelah kemunculannya yang sudah dipastikan tak akan serempak di seluruh dunia, kali ini Pokemon Go malah disebut-sebut menjadi tumpangan barbagai kepentingan jahat dalam bentuk malware.

pokemon go disusupi virus

Dilansir dari Okezone (11/7/2016), Installer Pokemon Go dalam bentuk APK disebut ditumpangi malware dengan nama DroidJack. Malware tersebut disebut-sebut lolos dari pantauan Google selaku gawang dari Android OS. Pasalnya, DroidJack disebut masuk melalui APK tak resmi yang diunduh melalui situs di luar PlayStore.

Kejadian ini sebenarnya lebih ditujukan pada pengguna Pokemon Go di luar wilayah resmi perilisan Pokemon Go. Hal ini berdasarkan informasi yang mana pengguna Pokemon Go di luar wilayah tersebut mendapatkan installer dari web-web yang tak jelas siapa penanggungjawabnya. Alhasil, pengguna tak akan sadar jika Pokemon Go yang diinstalnya menjadi jalan masuk bagi kepentingan jahat via malware DroidJack tersebut.

Selain dikenal dengan nama DroidJack, malware yang menyusupi Pokemon Go kali ini juga sering disebut SandroRAT. Malware ini disebut-sebut mampu memberikan akses penuh terhadap aktivitas smartphone berbasis Android untuk kepentingan pihak-pihak tertentu yang sengaja memasanganya.

Bisa dibilang, penemuan Malware ini dirilis oleh sumber terpercaya yakni perusahaan yang bergerak dalam bidang keamanan digital, Proofpoint. Masih dilansird ari laman yang sama, Proofpoint memberikan tips untuk mengecek apakah APK yang diinstal mengandung malware yang dimaksud. Caranya cukup sederhana yakni melihat ke pengaturan aplikasi dan melihat kenis permission yang ada di sana. Apabila terdapat tanda bendera merah pada permission ayng diberikan, itu artinya APK yang diinstal terindikasi berat telah disusupi malware.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan mengenai malware ini pada APK Pokemon Go. Namun demikian, DroidJack secara umum sempat disebut mampu memberikan akses untuk membuat panggilan telefon, pesan SMS, rekaman suara, modifikasi kontak, membaca history dan bookmark internet, serta menyambung dan memutus koneksi Wifi. Bisa dibilang akses tersebut termasuk akses yang berbahaya apabila dimanfaatkan oleh cracker dunia maya. Baca juga Pokemon GO Makin Diminati, Saingi Pengguna Twitter dan Nokia Security Ungkap Platform Seluler Target Utama Malware.

Top