Pokemon Go Batal Rilis di Kampung Halaman Nintendo!

Batal Rilis di Jepang, Pokemon Go Bikin Saham Nintendo Turun – Para gamer di Jepang yang tak lain adalah kampung halaman Nintendo, rupanya sia-sia menunggu peluncuran Pokemon Go. Kabarnya, raksasa game itu batal meluncurkan permainan tersebut. Dampaknya, nilai saham mereka mengalami penurunan.

batal rilis di jepang pokemon go bikin saham nintendo turun

Sebetulnya terlihat mustahil, sebuah game yang saat ini tengah populer rupanya bisa menjadi penyebab turunnya saham perusahaan. Dari informasi yang dirangkum pada halaman KompasTekno, Kamis (21/07/2016) tertulis bahwa nilai saham Nintendo mengalami penurunan, untuk 13 persen sahamnya menjadi 27,765 yen, atau setara dengan Rp3,4 juta per lembarnya. Namun, sebagai catatan penurunan nilai saham tersebut masih tidak seberapa dibandingkan dnegan penguatan yang sempat terjadi pada saat peluncuran perdana dari Pokemon Go ini.

Penguatan yang dimaksud artinya, naiknya saham Pokemon Go melambung hingga 86 persen. Sementara untuk kapitalisasi pasar sendiri, perusahaan ini juga ikut mengalami kenaikan yang signifikan. Dengan tambahan  senilai 17 miliar dollar AS atau setara dengan Rp222,9 triliun. Nilai saham Nintendo melesat begitu mengagumkan.

separator

Seperti yang diungkapkan Reuters, bahwa sebelumnya Pomkemon Go telah disebut-sebut bakal meluncur di Jepang pada Rabu, 20 Juli 2016. Namun, sayangnya Niantic selaku perusahaan pengembang Pokemon Go ini membatalkan rencana tersebut. Apa alasannya?

Ada indikasi bahwa pembatalan itu dilakukan akibat adanya kebocoran informasi yang menyebutkan waktu peluncuran game baru ini di Jepang.

Hal tersebut tentu saja menggemparkan. Pasalnya, seperti yang kita tahu bahwa Pokemon Go telah menarik minat banyak orang di seluruh dunia. Sementara di Jepang, negara yang merupakan kampung kelahiran Pokemon tentu saja menjadi negara yang sangat antusias merespon peluncurannya.

Niantic lalu memiliki kekhawatiran, nantinya mereka tidak sanggup untuk menangani lonjakan pengguna yang terjadi secara mendadak di saat yang bersamaan. Karenanya, perusahaan memutuskan untuk menunda peluncurannya di Jepang meskipun harus rela mengalami penurunan saham.

Meski demikian, juru bicara Pokemon Company, selaku pemegang merek dari game tersebut masih enggan mengungkap lebih jauh terkait pembatalan rilisnya secara resmi Pokemon Go ini. Pihaknya tak banyak berbicara, hanya mengungkap bahwa perusahaan masih belum menentukan tanggal rilis resminya Pokemon Go di Jepang. Baca juga Hanya dalam Empat Menit Saja, Pokemon Go Bisa Hasilkan Rp523 Juta dan Tren “Pokemon Go” tak cuma mengubah gaya hidupnetizen

Top