Jus Jeruk Dan Samsung

Masih ingatkah dengan bunyi tetesan air yang selalu muncul ketiga pengguna ponsel Galaxy S3 -Menekan tombol soft button dan berinteraksi dengan elemen visual dilayar? efek audio tersebut yang dibuat dan direkam suara benda cair yang sesungguhnya.

masih ingatkah dengan bunyi tetesan air yang selalu muncul ketiga pengguna ponsel galaxy s3

Teknik merekan dengan menggunakan benda didunia nyata tersebut dikenal dengan istilah Foley recording dari nama pelopornya. Jack Foley asal AS yang pertama kali nemerapkannya pada masa film bisu di awal abad 20.

” Kami mencoba mendengarkan berbagai bunyi macam cairan, dari air biasa sampai susu. dan berbagai juspun di rekam akhirnya ketemu yang cocok yaitu jus jeruk” ujar Senior Designer UX Innovation Tean Mobile Communications Bussines Samsung Electronics , Myoung W. Nam.

Nam yang bertanggung jawab membuat efek suara tersebut untuk ponsel- ponsel samsung. Bunyi itupun sebernya bukan berasal dari jus jeruk yang menetes tetapi dari gelembung udara dipermukan yang pecah.

Menurut Nam Setiap cairan memiliki suara yang berbeda – beda. lalu kenapa bunyi cairan yang dipilih?? Menerangkan bahwa pada saat merancang Galaxy S3 yang dirilis pada tahun 2012 lalu Samsung menganut konsep desain yang berpatokan pada alam.

“Bentuk fisik Samsung Galaxy s3 itu pun sengaja dibuat agar mirip batu yang licin” jelasnya maka konsep ini pun dibawa ke proses pembuatan sound effects untuk dibenamkan diperangkat yang bersangkutan.  Seiring dengan pengembangan perangkat konsep yang diusung pun mengalami perubahan. Untuk andalanl terbarunya Galaxy S7 samsung tidak menggunakan bunyi yang sama. tetapi akan di ganti dengan suara yang lebih sederhana, sesuai dengan panutan desain barunya yang juga lebih flat.

Nam  mengatakan bahwa efek suara berperan penting pada suatu perangkat karena turut menentukan mood pengguna saat memakainya, juga memberi petunjuk penting mengenai sesuatu hal, misalnya notifikasi penting. Baca juga Vendor Ponsel asal China Oppo meresmikan kehadiran Smartphone F1 Plus edisi FC Barcelona dan Teknologi perangkat genggam semakin terus berkembang

Top