Indosat Ooredoo dan Telkomsel Kerjasama Mengembangkan RCS

Kerjasama 2 Operator untuk mengembangkan RCS – Mobile World Congress Shanghai 2016 digadang-gadang tidak hanya akan menjadi ajang pamer bagi industri perangkat mobile,GSM Association sebagai penyelenggara pun mengumumkan telah berhasil menggandeng sejumlah operator seluler dunia untuk secara bersama-sama mengembangkan teknologi RCS ini, termasuk dua operator seluler asal Indonesia, perangkat mobile ini juga menjadi ajang kerjasama untuk operator seluler lainnya dalam mengembangkan teknologi komunikasi Rich Communication Service (RCS).

kerjasama 2 operator untuk mengembangkan rcs

 

Rich Communication Service (RCS) adalah layanan yang dihadirkan operator seluler untuk menyajikan pengalaman komunikasi mobile selain telepon dan SMS, yaitu berupa sejumlah platform, antara lain layanan pesan singkat (instant messaging) atau chat, group chat, komunikasi video, hingga platform berbagi file lintas perangkat. dalam keteranngan tertulis GSMA di shanghai kedua operator asal indonesia yang ikut serta dalam kerjasama layanan telekomunikasi RSC adalah indosat Ooredoo dan juga Telkomsel KompasTekno Kamis, (30/6/2016).

Selain Indosat Ooredoo dan Telkomsel, operator seluler lain yang bergabung adalah AIS, Axiata Group, China Mobile, China Telecom, China Unicom, Claro Brazil, Claro Colombia, Rogers Communications, Singtel, StarHub, Tele2 Russia, Telefonica, dan T-Mobile US. ” inisiatif ini juga bertujuan untuk meningkatkan industri mobile dan pertelekomunikasian dengan profil universal yang secara umum mampu menjadikan operator dapat menghadirkan implementasi RSC dengan konfigurasi dan pengaturan fitur-fitur inti yang sama ” ujar Chief Teknologi officer GSMA, alex Sinclair.

separator

Dengan demikian kerja sama ini dapat memuaskan pengguna layanan seluler dengan menikmati konten komunikasi yang lebih kaya dan berkembang. GSMA juga menggandeng beberapa produsen perangkat dalam kerja sama meningkatkan layanan RCS , Perusahaan manufatur yang di gandenga diantaranya Alcatel, ASUS, HTC, LG Electronics, Samsung/Lenovo/Motorola, dan ZTE.

Menurut Sinclair, kerja sama ini diharapkan dapat menjadi jembatan bagi pengguna layanan seluler, yang saat ini masih mengandalkan beberapa aplikasi yang berbeda untuk menikmati layanan RCS. “Meskipun layanan pesan berbasis internet sudah populer, namun penggunaannya masih belum terbuka untuk semua, pengguna harus mengunduh aplikasi yang belum tentu digunakan oleh teman dalam daftar kontaknya,” ujar Alex Sinclair KompasTekno Kamis (30/6/2016). Baca juga Google Segera Luncurkan Smartphone Garapannya dan Tekomsel memperediksi lebaran tahun ini trafik layanan data akan melaju pesat

Top