Berkat Pokemon Go, Apple Raup Keuntungan Rp39 Triliun

Pembelian PokeCoins Pokemon Go di iOS Banyak Untungkan Apple – Meski tak secara langsung mengucurkan dana investasi atau terlibat secara langsung pada bisnis game Pokemon Go, namun perusahaan teknologi raksasa Cupertino tersebut kebagian keuntungan yang luar biasa berkat game fenomenal tersebut.

pembelian pokecoins pokemon go di ios banyak untungkan apple

Dikatakan TrustedReviews yang dirangkum dari KompasTekno, Sabtu (23/07/2016) tertulis bahwa dari hasil analisis telah memprediksi Apple bakal meraup pendapatan hingga 3 miliar dollar AS atau jika dirupiahkan menjadi Rp39 triliun dari game Pokemon Go. Keuntungan tersebut, dikatakan bakal terkumpul dalam rentang waktu hingga satu atau dua  tahun ke depan.

Masih penasaran darimana Apple mendapatkan keuntungan sebesar itu? Nah, keuntungan yang diperoleh tak lain adalah berasal dari pembelian PokeCoins oleh para pemain Pokemon Go di iOS. PokeCoins ini sendiri, merupakan media yang digunakan untuk membeli fitur-fitur tambahan di game atau yang sering disebut in-app purchase.

separator

Untuk mendapatkan 100 koin virtual Pokemon Go di iOS, dibanderol dengan harga 0,99 dollar AS atau setara dengan Rp13.000. Sementara itu, untuk mendapatkan sebanyak 14.500 koin, pemain harus merogoh kocek sedalam 100 dollar AS  yang jika dirupiahkan menjadi Rp1,3 jutaa.

Dalam hal ini, Apple disebut-sebut mengambil untung besar untuk setiap pembelian koin via Apple App Store. Sementara, seorang analis dari firma broker Needham and Co meyakini bahwa terkait hal ini, saham Apple juga akan turut mengalami kenaikan karena potensi bisnis Pokemon Go terlihat begitu menjanjikan.

“Kami percaya Apple mneyimpan 30 persen dari pendapatan Pokemon Go pada perangkat iOS. Ini akan meningkatkan pendapatan Apple seiring dengan nilai sahamnya,” Ungkapnya.

Sebagai gambaran, dijelaskan dari gabungan konsumsi rata-rata pengguna iPhone di AS yang bermain Pokemon Go ditaksir mencapai 1,6 juta dollar AS atau sebesar Rp21 miliar per harinya.

Melihat hal itu, sejauh ini saham Apple telah berhasil meningkat hingga 5 persen sejak Pokemon Go dirilis. Diketahui, per Selasa 16 Juli 2016 kemarin, Apple mencatat pendapatan hingga 25 miliar dollar AS atau setara dengan Rp328 triliun.

Jika Apple saja mendapatkan keuntungan sebesar itu, bagaimana dengan perusahaan perlis Pokemon Go, Nintendo? Untuk periode yang sama dengan Apple, Nintendo telah berhasil meraup keuntungan hampir dua kali lipat Apple. Wow, Amazing! Baca juga Hampir Sebulan Rilis, Pokemon Go Belum Tersedia di Windows Phone dan Hanya dalam Empat Menit Saja, Pokemon Go Bisa Hasilkan Rp523 Juta

Top