ARM Dicaplok SoftBank

SoftBank Mulai Agresif – Bisa dibilang, gurihnya pasar perangkat pintar di dunia memang menjadi bisnis yang menjanjikan siapapun juga. Jika perusahaan kecil saja bisa bermain dan menjadi besar dalam lingkup usaha ini, apalagi perusahaan yang sudah kadung raksasa sebelumnya. Nampaknya, frenomena ini memaksa Softbank untuk cepat bergerak sebelum pasaran kembali diserobot oleh pengusaha lainnya.

arm dicaplok softbank

Kali ini, Softbank diberitakan telah membeli ARM Holding secara pasti. Perusahaan asal Jepang ini memang sudah terkenal sebagai raksasa telekomunikasi baik di Jepang maupun di pasaran dunia. Pasalnya, jaringan telekomunikasi ketiga terbesar di Jepang via kanal 3G merupakan mainan bisnisnya sehari-hari. Tak heran, apabila perusahaan ini punya modal yang kuat untuk mengakuisisi ARM Holdings.

Dilansir dari Okezone (19/7/2016), Softbank tidak hanya mengakuisisi satu dua unit bisnis ARM melainkan mengakuisisi ARM Holdings yang artinya satu kesatuan bisnis perusahaan asal Inggris tersebut. Nilai akuisisinya pun bisa dibilang tak main-main lantaran berada di angka 32 miliar USD . Jika dilakukan konversi setidaknya angka 320 triliun Rupiah sudah menjadi mahar yang jelas dari Softbank kepada pemegang saham ARM sebelumnya.

Sebagai informasi, ARM merupakan salah satu pemain terkuat produsen chipset berbagai perangkat yang umumnya terdapat di perangkat mobile. Akuisisi ini memberikan dampak yang jelas atas dominasi Softbank terhadap pasar dunia perangkat pintar ke depan. Pasalnya, kendati arsitektur chipset selain ARM sudah banyak diperjualbelikan, namun bisa dikatakan ARM masih menjadi pujaan berbagai vendor kelas dunia.

Itu artinya, berbagai vendor kelas dunia ke depannya akan memliki hubungan yang saling membutuhkan dengan Softbank. Sehingga bisa dibilang Softbank akan semakin memegang peran telekomunikasi di dunia. Hal ini sepertinya diamini oleh Masayoshi Son, Chairman dan CEO SoftBank. Dirinya menyatakan bahwa Softbank sudah lama mengagumi ARM sebagai pemain teknologi tinggi yang memimpin pasar.

Masayoshi juga menambahkan bahwa akuisisi ARM pada Softbank merupakan proyek strategis. Hal ini dikarenakan Softbank memang sudha berencana untuk menggaet pasar Internet of Things. Alhasil, akuisisi ini merupakan untaian penting dalam dominasi Softbank ke depan pada era-era tersebut. Baca juga Teknologi 5G Berperan Penting pada Era Internet of Things (IoT) dan Avast Dominasi Antivirus Dunia.

Top