Yey! Chromebook Bisa Pakai Android

Akhirnya Chromebook Memasukkan Android – Cita-cita Google menyaingi Windows OS melalui Chromium OS Project memang tak bisa dibilang manis. Tentu, untuk urusan PC, lintas platform memang menyulitkan pengguna. Akhirnya pengguna terpaksa pasrah dipaksa membayar mahal oleh Microsoft padahal Chromium OS sudah dijamin secara teknologi mampu bersaing dengan prduk berlogo jendela tersebut.

yey! chromebook bisa pakai android

Meskipun demikian, ternyata cita-cita Google bisa terealisasi melalui Android OS. Meskipun bisa dibilang Android OS adalah proyek ‘sitaan’ lantaran dibeli dari pihak lain, namun buktinya di tangan Google, Android menjadi raksasa operating sistem telepon pintar yang tak terbantahkan. Bahkan, dalam segmen operating sistem mobile, Android OS bisa dibilang lebih unggul ketimbang Windows Mobile buatan Microsoft.

Sayangnya, pengembangan Android untuk menyasar segmen PC masih jauh dari harapan. Akhirnya dipilih win-win solution untuk menggabungkan Chromium OS dengan Android OS agar lebih laku dipasaran. Sebagaimana dilansir dari Okezone (7/6/2016), kali ini Chromium OS dibesut dalam sebuah Chromebook versi 11 yang dibuat oleh Acer. Selain iut, versi original Google dapat didapatkan melalui Chromebook 14.

Menariknya, kedua Chromebook tersebut akhirnya dapat menjalankan aplikasi Android secara sempurna. Hal ini sebenarnya sudah lama dinantikan oleh pecinta Chromebook. Pasalnya, untuk masalah aplikasi, Android masih lebih cepat pengembangannya ketimbang Chromium OS. Tentu, penyatuan konsep ini akan menambal kekurangan masing-masing yang akan menghasilkan duo kuat dari laptop tersebut.

Melihat jeroannya, Chromebook 11 didukung Intel Celeron N2840, prosesor dual-coreberjalan pada kecepatan 2,1 GHz dengan RAM 2 GB dan SSD storage 16 GB. Memori yang kecil tersebut memang disengaja lantaran Google ingin pengguna menggunakan sistem cloud pada perangkatnya. Untuk urusan layar, ukuran 11,6 inci dipilih dengan resolusi 1366 x 768 piksel.

Varian Chromebook 14 lebih menarik dengan jantung pacu yang didukung oleh Intel Celeron berkecepatan 1,6 GHz. Prosesor yang digunakan sudah quad-core dengan code N3160 plus disematkan RAM 4 GB dengan storage internal lebih besar di 32 GB. Selain itu, layar monitor juga lebih besar denagn LCD 14 inci yang menawarkan resolusi 1.920 x 1.080 piksel.

Duo Chromebook yang dijamin dapat memainkan aplikasi Android ini tentunya akan menambah hangat persaingan segmen PC di dunia gadget mobile. Tentu, segmen ini akan semakin mendorong konsep gadget for work and play. Baca juga HP Bakal Ciptakan Chromebook Dengan Dukungan VR dan Chromebook Diluncurkan HP Dengan RAM Hingga 16 GB.

Top