Wow! Diam-Diam Korea Utara Ciptakan Jejaring Sosial Tiruan Facebook

Best Korea’s Social Network, Nama Jejaring Sosial Buatan Korea Utara Tiruan Facebook – Melihat bagaimana populernya jejaring sosial Facebook yang telah digunakan hampir oleh seluruh manusia di bumi ini, rupanya Korea Utara juga ingin mencoba peruntungan di industri media sosial. Kesan inilah yang didapat dari sebuah jejaring sosial tiruan Facebook yang kabarnya dibuat oleh Negeri yang dipimpin  Kim Jong Un tersebut.

best koreas social network nama jejaring sosial buatan korea utara tiruan facebook

Jejaring sosial yang diberi nama “Best Korea’s Social Network” ini beralamat di starcon.net.kp ini ditemukan ileh Direktur Analisis Internet di lembaga riset Dyn, Doug Madory pada akhir minggu lalu.

Berdasarkan informasi dari CNN yang dilansir melalui KompasTekno, Kamis (02/06/2016) mengatakan, bahwa pada situs yang memiliki penampilan mirip Facebook ini juga membawa tema serba biru. Pada jejaring sosial ini, pengguna akan bisa membuat akun, mengunggah cover photo dan foto profil, serta bisa mengirim pesan pada teman.

Namun, saat pihak CNN telah mencoba untuk masuk pada situs, dan hasilnya situs dengan nama hosting di Korea Utara tersebut kini sudah tidak dapat diakses lagi.

Madory sendiri menduga, bahwa situs yang bersangkutan ini dibuat untuk kebutuhan eksperimen oleh seseorang yang berlokasi di Korea Utara.

“Menemukan situs yang dihosting di Korea Utara, adalah sesuatu yang tidak biasa,” Ungkap Madory. Ia lalu menambahkan, bahwa biasanya Korea Utara akan memiliki alamat hosting dari China.

“Saya yakin, proyek tersebut adalah proyek resmi pemerintah Korea Utara. Tetapi seseorang di negara tersebut pastilah merupakan tokoh di baliknya,” Imbuh Madory.

Ia juga mengatakan, bahwa situs Korea Utara biasanya juga tidak akan bisa dikases oleh pengunjung yang berdomisili di luar negara tersebut.

Hal ini, karena pemerintah Korea Utara memang memberlakukan regulasi internet yang sangat ketat. Mayoritas warga Korea Utara dilarang untuk mengakses internet. Bahkan bagi mereka yang mendapatkan akses akan terus diawasi.

Rupanya, setelah beberapa waktu dibuka, pada situs Best Korea’s Social Network ini sejumlah pengguna telah membukanya dan membuat akun. Hal ini, terlihat dari sekian banyak akun palsu yang mengolok-olok Kim Jong Un, hingga akhirnya situs tersebut ditutup. Baca juga Jumlah Unduhan Line Telah Capai 500 Juta Downloaded di Play Store dan Facebook Menangkan Sengketa dengan Produsen Pangan

Top