Wiko PD Pakai Kandungan Lokal Murni

Wiko Klaim Akan 100 % Indonesia – Heboh masalah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) ternyata hanya dialami pemain-pemain besar. Pasalnya, pemain-pemain besar di Indonesia nampaknya lebih sibuk untuk mengomentari peraturan tersebut ketimbang mengikutinya. Padahal di sisi lain, perusahaan yang branding-nya belum begitu terangkat seperti Coolpad sudah menyatakan siap membangun infrastruktur demi memenuhi peraturan tersebut.

wiko pd pakai kandungan lokal murni

Hal tersebut juga dilakukan oleh Wiko. Merek ponsel pintar yang masih anyar ini bisa dibilang sedang sibuk untuk menuruti aturan yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Manager Product Wiko Indonesia Luisa Yudithsebagaimana dilansir dari Okezone (20/6/2016). kEsibukan tersebut bahkan tak bisa dibilang main-main, pasalnya Luisa menyatakan diri akan menuju 100 persen TKDN Indonesia.

Walaupun demikian, Luisa tidak menampik bahwa praktik Wiko di Indonesia memang sedikit seret untuk varian produk 4G. Pasalnya, TKDN memang memberikan aturan yang cukup ketat untuk produk-produk 4G dengan status import. Namun hal tersebut bukan menjadi penghalang bagi Wiko untuk tetap meluruskan niatnya bermain di pasaran Indonesia. Buktinya, Luisa menyatakan bahwa saat ini Wiko tengah bekerjasama dengan pabrikan lokal dalam menggarap produknya hingga 30 persen kandungan lokal.

Kabarnya, pabrik tersebut sedang dalam tahap pembangunan dan sudah mencapai angka 70 persen penyelesaian. Wiko bahkan menjamin, keberadaan pabrikan ini di Indonesia nantinya akan mampu menghadirkan ponsel murah dengan kualitas 4G pada pasaran Indonesia. Lebih lanjut, Luisa menjanjikan bahwa ponsel pintar 4G dari Wiko akan segera diproduksi di Indonesia seusai lebaran nanti atau paling lambat pada bulan Agustus ke depan.

Menariknya, Luisa menjamin bahwa 100 persen akan dirakit di Indonesia seluruhnya. Bahkan, bukan hanya hardware saja yang akan dibuat di Indonesia. Pasalnya Luisa menjanjikan bahwa pengembangan software Wiko nantinya juga akan dibuat di tanah air. Bahkan, rencananya ke depan Wiko akan membuat aplikasi untuk penghemat daya baterai, aplikasi untuk mencari service center Wiko terdekat atau mungkin aplikasi jasa transportasi seperti Go-Jek.

Jika melihat identitas pabrik yang ditunjuk tersebut, bisa dibilang kali ini Wiko akan sukses menggaet pasaran di Indonesia. Pasalnya, tersebut Parastar Group yang akan ikut bermain bersama Wiko sebagai tonggak produksinya. Sayangnya, Luisa juga tidak menyebutkan varian Wiko 4G mana yang akan diboyongnya ke Indonesia pada pertengahan tahun ini. Baca juga Wiko Kenalkan Smartphone Khusus Penggemar Selfie dan Wiko Indonesia Berhasil Raih Penghargaan Bergengsi.

Top