Terkuak! Apple Bukanlah Produsen Pertama Pencipta iPhone

Perangkat iPhone Pertama Dirilis Tahun 1998 oleh InfoGear – Jika selama ini seperti yang kita ketahui, produsen smartphone asal Amerika Serikat, Apple telah meluncurkan beberapa produknya yaitu iPad, iPod, iMac dan iPhone. Namun, rupanya salah satu dari beberapa produk tersebut bukanlah murni ciptaan Apple, yaitu iPhone. Pasalnya, Apple baru saja memperkenalkan iPhone pada tahun 2007 lalu.

perangkat iphone pertama dirilis tahun 1998 oleh infogear

Nah, berdasarkan informasi Phone Arena yang dirangkum melalui halaman Okezone, Selasa (21/06/2016) tertulis bahwa sebelumnya perangkat pertama bernama iPhone ini telah dirilis sejak tahun 1998 silam. Perangkat tersebut dirilis oleh perusahaan yang juga berbasisi di California, Amerika Serikat bernama InfoGear. Perangkat iPhone milik InfoGear telah dipasarkan sebagai “Internet Touchscreen Telephone”.

Memang, iPhone versi InfoGear bukanlah perangkat smartphone, namun hanya sebagai telepon desktop yang mampu menampilkan layar resistive berwarna hitam dan putih, keyboard QWERTY slide-out, web dan akses email, serta RAM 2 GB.

Pada masanya, peraturan ini dijual ke pasaran seharga di bawah USD500 dan konsumen harus membelinya dengan cara membayar biaya terpisah. Maksudnya, untuk pembayaran akses internet mulai dari USD9,95 per bulan. Kemudian, barulah InfoGear mendesain ulang model dan dikenalkan pada tahun 1999. Setelah itu, InfoGear berhenti membuat iPhone.

Setelah itu, pada awal tahun 2000-an InfoGear telah dibeli oleh perusahaan lain yaitu Cisco System, sehingga nama dari iPhone dan merek dagangnya diganti oleh pemilik barunya. Diketahui, pada tahun 2006, Cisco System mulai menggunakan nama untuk telepon VoIP yang disebut dengan Linksys iPhone.

Nah, barulah di tahun 2007, Steve Jobs mengambil peluang itu dan memperkenalkan perangkat iPhone yang pertama. Mengetahui hal itu dilakukan, akhirnya Cisco segera mengajukan gugatan terhadap perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut. Gugatan terkait dengan pelanggaran merek dagang. Namun, entah bagaimana saat itu penyelesaian yang dilakukan, akhirnya kedua perusahaan meraih sepakat dan sengketa berhasil diselesaikan sebelum iPhone pertama mulai masuk dan populer di pasaran pada Juni 2007 lalu.

Namun, kali ini Apple kembali dikenai gugatan di Beijing. Kabarnya, gugatan tersebut adalah terkait pelanggaran paten desain dari iPhoone 6 dan iPhone 6 Plus. Baca juga Langgar Hak Paten Desain, iPhone 6 dan 6 Plus Kena Gugatan di Beijing dan Apple Bingung Beri Nama iPhone Terbarunya

Top