Terbukti! Chrome Penghisap Baterai

Edge Buktikan Chrome Tak Ramah Energi – Perang antar browser nampaknya mulai menghangat kembali akhir-akhir ini. Setelah kemain Opera menunjukkan kesangarannya dalam mengakses internet lebih cepat, kali ini Microsoft mulai unjuk gigi melalui browser barunya yakni Microsoft Edge. Sebagaimana diketahui, Microsoft Edge merupakan browser bawaan Microsoft Windows 10 menggantikan posisi bertahan Internet Explorer semenjak beberapa dekade yang lalu.

terbukti chrome penghisap baterai

Jika sedikit menengok sejarah, nampaknya kemunculan Edge memang menjadi suatu hal yang iconik bagi Microsoft. Pasalnya, semenjak kemunculan pertama kali Internet Explorer yang kemudian dipaksa untuk melepas source code-nya, kiprah Internet Explorer menjajaki dunia maya tak lagi nampak. Pasalnya, sebagaimana diketahui pamor Internet Explorer tak pernah lebih baik daripada Firefox yang bahkan stigma buruk atas performanya tak pernah mampu diperbaiki Microsoft Windows dalam setiap serinya.

Bahkan, walaupun update yang dilakukan selalu berkala, nampaknya pengembangan Internet Explorer tak begitu menyenangkan. Hal ini kemudian dibuktikan dengan menyerahnya Micorosft Windows untuk menjadikan Internet Explorer pada default Windows 10. Padahal, sebagaimana isu yang beredar, Microsoft Windows 10 merupakan line-up terakhir versi Windows yang tak akan pernah ada suksesor ke depannya. Dideapaknya Internet Explorer dari line-up terakhir setelah dipertahankan cukup lama membuktikan Microsoft sudah tak mampu lagi bertahan menggunakannya.

Tentu hal ini akan menjadi pemahaman berbanding terbalik atas eksistensi Edge sebagai penggantinya. Jika Internet Explorer dianggap tak begitu berhasil, Edge harus punya kemampuan yang cukup mumpuni untuk mampu mendepaknya. Menariknya, kali ini Edge langsung disaingkan dengan Chrome milik Google yang memiliki user terbanyak setidaknya berdasarkan pertimbangan teknis penggunaan Google.

Uji ini dilakukan sendiri oleh Microsoft terkait pengaruh browser atas daya tahan baterai sebuah Surface Book sebagaimana dilansir dari Kompas (22/6/2016). Hasilnya sungguh menakjubkan, untuk memutar video HD streaming ternyata Chrome mampu menghisap daya baterai hingga hanya mampu bertahan 4 jam 19 menit saja. Sedangkan Microsoft Edge menghasilkan waktu pakai nyaris dua kali lipat hingga 7 jam 22 menit.

Jika melihat angka tersebut memang Edge unggul atas Chrome. Namun hal tersebut mungkin terjadi akibat perangkat Surface Book merupakan besutan Microsoft pula yang mungkin spesifikasinya sudah sangat disesuaikan dengan Edge. Hanya saja, jika kita menengok pendapat Opera beberapa waktu yang lalu tentnag borosnya Chrome, bisa jadi hasil uji ini dapat berlaku secara general. Baca juga Lebih Bagus Mana Antara Google Chrome dan Internet Explorer? dan Akhirnya Chromebook Memasukkan Android.

Top