Telkomsel Antisipasi Menghadapi Lonjakan Trafik Data

Tekomsel memperediksi lebaran tahun ini trafik layanan data akan melaju pesat – atau payload pada puncak Ramadhan dan idul Fitri (RAFI) tahun ini akan mencapai sebesar 2.709 terabyte atau naik sekitar 79 persen dibandingkan puncak RAFI  pada tahun lalu. Sementara itu tarif layanan data pada puncak Ramadhan dan Idul Fitri ini diproyeksi sebesar 1,57 miliar menit atau naik sebesar 11,1 persen dibandingkan dengan periode tahun lalu 2015.

tekomsel memperediksi lebaran tahun ini trafik layanan data akan melaju pesat

Memasuki 2016 saja jaringan Internet broadband Mobile Telkomsel 4G LTE di klaim mencapai 100 kota di indonesia lebih tepatnya 102 kota dan kabupaten. Hal itu disampaikan oleh direktur utama Telkomsel ririk Ardiansyah di galeria Telkomsel 4G nation Jakarta .Sedangkan untuk tarif SMS diperkirakan hanya menembus 927 juta SMS perharinya pada puncak RAFI kali ini akan turun 3,3 persen dibandingkan tahun lalu. Untuk menghadapi lonjakan trafik komunikasi tersebut, Telkomsel menyediakan sebanyak 76 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data di lokasi-lokasi strategis. lokasi yang ditentukan pun tidak terkecuali dan tidak ada pembedaan wilayah untuk ini.

Lokasi-lokasi tersebut meliputi bandar udara, terminal Bus, stasiun kreta api, dermaga, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional dan juga pusat perbelanjaan. Di samping mengerahkan Combat, berbagai upaya yang dilakukan Telkomsel untuk mengoptimalkan kualitas jaringan menghadapi periode mudik Lebaran di antaranya membangun 623 base transceiver station (BTS) baru dan memodernisasi 486 BTS.

Selain itu Telkomsel juga meng Upgrade 1.052 BTS serta 75 base station controller (BSC) dan juga radio network controller (RNC).Kami ingin memastikan untuk seluruh layanan berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan di berbagai jalur tanpa terkecuali dan lokasi yang akan dipadati pemudik maupun wisatawan,” ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno kamis (30/6/2016). Baca juga Provider Seluler Pilih Kerja Sama Dengan OTT dan Solusi Kisruh Dunia Telekomunikasi, Kominfo Bangun Proyek Palapa Ring sebagai Alternatif Network Sharing

Top