Strategi Apple Akali TKDN India

Apple Punya Cara Tersendiri Akali Aturan TKDN di India – Sama halnya seperti di Indonesia, di India juga memiliki aturan terkait TKDN untuk produk-produk smartphone yang akan dijual di sana. Nah, rupanya Apple memiliki cara untuk mengakali aturan Tingkat Kandung Dalam Negeri (TKDN) di India, dan akan segera bisa berjualan di sana.

apple punya cara tersendiri akali aturan tkdn di india

Kabarnya, Apple akan mulai membuka toko resmi terlebih dahulu sebelum mendirikan pabrik. Seperti di Indonesia, aturan TKDN di India juga memaksa produsen ponsel untuk membuat manufaktur lokal. Namun, rupanya baru-baru ini di India telah melakukan pembaruan peraturan untuk memberi kesempatan pada produsen untuk tetap berjualan meski belum memiliki pabrik di negara yang bersangkutan.

Celah tersebut adalah, aturan baru yang menyatakan bahwa produsen asing tetap bisa berjualan di tokonya sendiri hingga masa tenggat waktu tiga tahun ke depan sambil menunggu proses pembangunan pabrik atau manufaktur selesai dilakukan guna memenuhi aturan TKDN yang sebesar 30 persen.

Hal ini, tentu saja memiliki arti, jika Apple tetap akan merealisasikan rencananya dengan membuka Apple Store di India, maka mereka akan tetap bisa berjualan tanpa harus mendirikan pabrik. Setidaknya sepanjang waktu yang ditentukan yaitu 3 tahun ke depan.

Seperti informasi Reuters yang dilansir melalui KompasTekno, Rabu (22/06/2016) mengungkapkan bahwa India merupakan salah satu pasar ponsel dunia yang sedang tumbuh dengan cepat. Penjualan ponsel di Negeri Sunga Gangga ini diprediksi akan naik hingga melebihi 25 persen di tahun 2016 ini.

Nah, berkat adanya dispensasi selama 3 tahun tersebut, Apple  yang saat ini hanya memiliki pangsa pasar sebesar 2 persen di India tentu akan memanfaatkan peluang tersebut untuk semakin menunjukkan eksistensinya.India kemungkinan bisa menjadi salah satu pasar besar bagi produk Apple seiring merosotnya pasar di China dan Amerika Serikat.

Namun, rupanya rencana yang hendak dikutip Apple tersebut masih diberatkan juga dikritik oleh pemerintah India. Bahkan, mereka masih belum yakin jika produk yang dibuat akan memenuhi kriteria atau tidak.

Jika nantinya produsen teknologi asal AS ini bisa meyakinkan pemerintah, makaApple akan mendapatkan izin berjualan tanpa membangun pabrik, bahkan mendapat tambahan waktu selama lima tahun ke depan sebelum memenuhi TKDN. Baca juga Vendor Asing Dapat Manfaatkan Aturan TKDN India dan Akhirnya Indonesia Memiliki Toko Online Resmi untuk Perangkat Apple

Top