Siapkan Alternatif Network Sharing, Kominfo Bangun Palapa Ring

Solusi Kisruh Dunia Telekomunikasi, Kominfo Bangun Proyek Palapa Ring sebagai Alternatif Network Sharing – Berbicara soal telekomunikasi di Indonesia, rasanya memang tak ada ujungnya. Pasalnya, hingga saat ini penyebaran telekomunikasi di Tanah Air ini masih dikatakan belum sepenuhnya merata atau menjangkau seluruh pelosok negeri. Selain itu, untuk persaingan para pelaku telekomunikasi juga seperti yang belakangan disebut-sebut bahwa, untuk konektivitas jaringannya masih didominasi oleh operator tertentu saja. Dalam hal ini, apa yang akan dilakukan pemerintah?

solusi kisruh dunia telekomunikasi kominfo bangun proyek palapa ring sebagai alternatif network sharing

Belakangan, kisruh dunia telekomunikasi Indonesia terkait network sharing memang masih terus bergulir. Informasi terakhir menyebutkan bahwa Peraturan Pemerintah (PP) 53/2000 dan PP 52/2000 yang akan menjadi pedoman hukum soal network sharing tinggal menunggu pengesahan dari Presiden RI saja.

Dalam hal ini, sambil menunggu pengesahan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara seperti yang dirangkum dari Okezone, Kamis (30/06/2016) mengatakan bahwa proyek Palapa Ring yang saat ini tengah dikerjakan oleh Menkominfo akan dapat menjadi salah satu alternatif solusi selain network sharing. Hal ini, artinya para penyelenggara telekomunikasi di Indonesia akan bisa memanfaatkannya demi kelancara misi mereka dalam hal penyebaran telekomunikasi di Tanah Air.

Palapa Ring sendiri, merupakan sebuah proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik yang menjangkau seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Proyek ini nantinya akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten diseluruh pelosok Tanah Air.

Harapannya, dengan adanya proyek ini nantinya ke depan penyebaran telekomunikasi bakal merata. Bahkan untuk kawasan di luar pulau Jawa juga bisa mendapatkan jalur telekomunikasi yang lancar tanpa adanya hambatan. Selain itu, jaringan atau operator selular yang  bisa dimanfaatkan juga akan merata. Semuanya akan mendapatkan porsi yang sama dan bisa menjalankan persaingan bisnis secara sehat.

Proyek Palapa Ring ini akan mengintegrasikan jaringan yang saat ini sudah ada dengan jaringan baru pada wilayah timur Indonesia. Palapa Ring-Timur akan dibangun sejauh 4.450 kilometer yang di dalamnya terdiri dari sub marine cable sejauh 3.850 km dan land cable sepanjang 600 kolometer dengan landing pont sejumlah lima belas titik di 21 kota tiap kabupaten. Baca juga XL Resmi Gelar Akses 4G di Semarang dan Era 4G LTE di Indonesia Dinilai Terlambat

Top