Setelah OLED, Kini Samsung Kembangkan Panel Layar QLED

Samsung Bakal Kembangkan TV dengan Panel Layar QLED – Setelah beberapa waktu lalu Samsung mengembangkan bisnisnya dengan merilis teknologi panel layar OLED, kali ini laporan Bussiness Korea mengatakan bahwa Samsung kemungkinan besar bakal merilis TV QLED dalam rentang waktu dua tahun mendatang. Selain itu, teknologi QLED ini dikatakan bakal dipasangkan pada perangkat TV unggulan generasi selanjutnya produksi vendor ternama asal Negeri Ginseng tersebut.

samsung bakal kembangkan tv dengan panel layar qled

Seperti diketahui, Samsung Display yang merupakan departemen perusahaan yang khusus menangani masalah layar, memang telah berhenti melakukan penelitiannya dengan teknologi LCD. Perusahaan tersebut juga menekankan bahwa mereka tak akan lagi merilis kembali TV dengan teknologi panel layar OLED dan lebih memilih untuk beralih ke layar QLED.

Berdasarkan informasi Sam Mobile, seperti yang dirangkum dari Okezone, Rabu (08/06/2016) mengatakan bahwa teknologi Quantum Dot SUHD TV Samsung saat ini, memang membutuhkan cahaya yang terpisah untuk menyinari piksel-pikselnya. Namun, teknologi QLED Samsung telah melakukan kombinasi Quantum Dot dengan OLED, sehingga tak lagi membutuhkan cahaya backlight.

Selain itu, teknologi panel layar QLED sendiri juga diklaim memiliki siklus hidup yang lebih panjang dan memiliki harga produksi yang lebih rendah daripada panel layar OLED.

Dalam kesempatannya, Jason Hartlove selaku CEO dari Nanosys mengungkapkan, “Saat ini, kami mengambangkan material quantum dot yangdigunakan untuk panel layar QLED. TV QLED yang membawa teknologi quantum dot ini akan dirilis dalam tiga sampai lima tahun ke depan,” Ungkapnya.

Saat ini, seperti diketahui Samsung telah memiliki TV unggulam di kasta teratas dengan nomor produksi seri KS9000 yang memiliki layar lengkung dan sudut pengelihatan hingga 4,2 derajat.

Selain itu, untuk desainnya juga memiliki bodi yang ramping dan tipis. Layarnya mengusung teknologi Quantum Dot SUHD dengan saturasi warna yang tajam dan lebih kaya berkat adanya fitur High Dynamic Range yang dimilikinya.

Meski sejauh ini layar QLED Samsung TV ini tengah mulai proses, namun memang belum diungkap kira-kira kapan bakal dirilis secara resmi.

Jika TV dengan layar QLED ini terealisasi, nantinya Samsung kemungkinan bakal semakin mengudara pada industri TV berteknologi tinggi. Baca juga Samsung Perkenalkan Televisi Cekung Tanpa Bezel dan LG Perkenalkan Teknologi Layar yang Bisa Digulung

Top