Samsung Siapkan Pengganti Android

Samsung Siapkan Tizen Pengganti Android – Melihat perkembangan Samsung saat ini sebagai salah satu leader gadget internasional tentunya tak lepas dari campur tangan Android OS yang menjadi jiwa setiap perangkatnya. Alhasil simbiosis mutualisme ini terlihat tak mungkin terpisahkan, bahkan menjadi acuan penting bagi pesaingnya di pasaran gadget internasional.

samsung siapkan pengganti android

Memang dengan konsepnya yang Open Source, Android OS sedikit banyak dibebaskan untuk di utak-atik oleh siapapun juga termasuk oleh vendor besar sekelas Samsung. Alhasil, sebagian besar Android OS yang sudah tersebar diberbagai belahan bumi memang sudah pasti tak orisinil lagi lantaran sudah disesuaikan dengan nafas setiap vendor yang menyabetnya. Sebut saja Samsung sangat PD dengan penggantian TouchWizUI sebagai User Interface default-nya.

Seperti tak puas, Samsung berusaha membuat komunitasnya sendiri. Pasalnya, dikabarkan melalui Okezone (14/6/2016), setelah puas membuat UI-nya sendiri, kali ini Samsung malah langsung membuat OS-nya sendiri dengan sebutan Tizen. Menariknya, berdasarkan pantauan Begawei, secara umum Tizen masih senafas dengan konsep Android yang beredar selama ini. Tentu, perbedaan yang akan sangat terasa muncul dari Samsung sendiri.

Pasalnya, dengan menggantungkan kemampuannya sendiri, tentu Samsung tak perlu harus menunggu Google untuk mendapatkan update teknologi software terbaru. Selain itu, Samsung dengan Tizen-nya bisa jadi akan mampu menyaingi pasar Android ke depannya. Tentunya, hal ini akan sangat berbahaya bagi eksistensi Google selama ini melalui perangkat Android OS.

Hal ini bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, dilansir dari sumber yang sama, Samsung sudah merilis ponsel dengan jiwa Tizen tersebut. Varian Samsung yang menggunakan OS tersebut disebut dengan branding Samsung Z. Varian ini dikabarkan sudah laris manis di India. Artinya, secara kesiapan produk Samsung dengan OS Tizen tersebut sudah siap memasuki pasaran luas. Menariknya, kesuksesan versi Z ini sudah muncul sekuelnya yang menjadikan bukti keberhasilan yang tak terbantahkan.

Melihat geliat Samsung yang demikian, rasanya Google perlu mengambil persiapan besar. Pasalnya, dengan dominasi merek yang dimiliki Samsung di pasaran, tentunya akan membuat Samsung akan menjadi lawan tangguh Google dalam menyebarluaskan sistem operasinya. Bukan tak mungkin, di masa depan Nexus buatan Google malah menggunakan Tizen OS sebagai jiwanya. Baca juga Samsung Tetap Melanjutkan Seri Ponsel Pintar Berbasis Sistem Operasi Tizen dan Samsung Z1, Smartphone Tizen 1 Jutaan.

Top